Pulang dari Arab Saudi, 13 Orang Tim Advance Umrah Terpapar Covid-19

Niel P
Senin, 17 Januari 2022 - 14:15
kali dibaca


Foto: 13 orang tim advance umrah positif Covid-19 (Kompas.com)

Mediaapakabar.com
Sebanyak 13 orang tim advance dari penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) terkonfirmasi positif Covid-19 usai pulang dari Arab Saudi dan saat ini sedang menjalani karantina di RSDC Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Dilansir dari Okezone.com, Koordinator Humas RSDC Wisma Atlet Kemayoran Kolonel Mintoro Sumego membenarkan ada 23 kasus terkonfirmasi positif Covid-19 dari Arab Saudi. Namun, ia tidak dapat memastikan itu termasuk 13 orang tim advance atau tidak.

"Kami belum menerima infonya. Sementara dari Arab Saudi memang ada terkonfirmasi Covid-19 sebanyak 23 kasus," kata Mintoro saat dihubungi MNC Portal Indonesia, Senin (17/1/2022).

"Kami tidak tahu 23 tersebut termasuk dari tim advance umrah atau tidak," tambahnya.

Mintoro pun belum dapat memastikan 23 terkonfirmasi positif tersebut terpapar varian Omicron atau tidak. Sebab, kewenangannya ada di Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Untuk terkonfirmasi Omicron atau tidak menunggu uji lab dari Litbangkes Kemenkes," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, Ketua Serikat Penyelenggara Umrah Haji Indonesia, (SAPUHI), Syam Resfiadi melaporkan ada 13 orang tim advance dari penyelenggara perjalanan ibadah umrah (PPIU) terkonfirmasi positif Covid-19 usai pulang dari Arab Saudi. Mereka merupakan tim advance pertama yang melaksanakan uji coba umrah perdana pada Kamis 23 Desember 2021 lalu.

"Totalnya kurang lebih sekitar 13 dari jumlah 25 orang yang saat ini saya ketahui dinyatakan terpapar (Covid-19)," kata Syam saat dihubungi MNC Portal.

Syam menyampaikan ke-13 orang tersebut kini tengah menjalani karantina di Wisma Atlet Jakarta. Namun, ia belum dapat memastikan apakah tim advance tersebut terpapar Covid-19 varian omicron atau tidak.

Syam hanya mengatakan beberapa gejala yang mirip dengan Covid-19 varian omicron bergejala ringan. Misalnya, seperti batuk, pilek, demam dan flu biasa.


"Masalah jenis Covidnya kita juga belum tahu karena pengalaman saya ya kalau Covid-19 Delta atau Alfa itu gejalanya luar biasa parahnya sampai ada flek di paru-paru. Tetapi untuk sekarang ini seperti batuk pilek demam flu biasa, tapi kami merasakan bahwa tidak seperti waktu Covid-19 yang awal-awal tahun 2020," tuturnya. (Okz/DP)

Share:
Komentar

Berita Terkini