Pimpin Apel Kesadaran Nasional, Edy Rahmayadi Sampaikan Target Pemprov Tahun 2022

Media Apa Kabar
Senin, 17 Januari 2022 - 15:17
kali dibaca

Foto: Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menjadi Inspektur Upacara pada Apel Kesadaran Nasional yang di laksanakan di Lapangan Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro Medan, Senin (17/1/2022). 

Mediaapakabar.com
Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) berhasil mencapai berbagai capaian prestasi pada tahun 2021. Prestasi tersebut diharapkan dapat terus ditingkatkan dan target-target yang telah ditetapkan dapat dicapai pada tahun 2022.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat memimpin Apel Hari Kesadaran Nasional di Lapangan Upacara Kantor Gubernur, Jalan Pangeran Diponegoro Nomor 30, Medan, Senin (17/1).  

Adapun target tersebut antara lain, Pemprov dapat mencapai opini wajar tanpa rencana (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk yang ke-8 kali pada tahun 2022. Pemprov akan mengoptimalkan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Serta meningkatkan Sistem Merit yang pada tahun 2021 sudah mendapat penilaian kategori B.

"Sistem Percepatan Pengamanan Aset Daerah (SIMBADA) dan Sistem Informasi Penatausahaan, Keamanan dan Pemeliharaan Aset Sumut (SI ANAK DARA) juga harus dioptimalkan pada tahun 2022," kata Gubernur Edy Rahmayadi. 

Selanjutnya, Pemprov akan menerapkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Penataan Kelembagaan, Peraturan Gubernur (Pergub) Struktur Organisasi Tata Laksana (SOTK), serta penerapkan perangkat daerah baru dan penyederhanaan. Pemprov ASN juga diminta untuk menerapkan budaya kerja yang inovatif, kreatif, inspiratif, dan berbudaya. 

"Pada tahun 2021 Pemprov mendapatkan pelayanan publik kategori B, kita menargetkan pelayanan publik mendapat nilai A, serta semua perangkat daerah memiliki dah melaksanakan standar pelayanan dan prosedur operasional standar (SOP)," kata Edy. 

Selain itu, ada beberapa capaian penilaian lain di antaranya, reformasi pegawai (RB) atas penilaian B, Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai B, pusat pemantauan untuk pencegahan (MCP) nilai 49,8, dan Stranas PK mencapai 65 ,5%.

Edy juga menginstruksikan kepada OPD Pemprov Sumut agar melaksanakan kembali kegiatan apel pagi dan sore di masing-masing OPD, dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Tujuannya, antara lain agar para ASN Pemprov lebih disiplin.

"Ini semua negara bertujuan agar seluruh aparatur khususnya di lingkungan Pemprov Sumut dapat memiliki sikap disiplin, selalu mengembangkan diri, kritis, responsif, terus bekerja dan bekerja dengan jujur, benar, berani dan ikhlas untuk Sumateta Utara yang maju akan dan bermartabat, " kata Edy Rahmayadi kepada peserta apel yang merupakan ASN di lingkungan Pemprov .(Rel/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini