Mensos Kunjungi Korban Banjir Bandang di Padang Lawas

REDAKSI
Selasa, 04 Januari 2022 - 15:36
kali dibaca
Ket Foto : Menteri Sosial, Tri Rismaharini mengunjungi para korban banjir bandang sekaligus menyalurkan berbagai bantuan sosial di masa tanggap darurat  di Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara, Senin (3/1/2022) malam.

Mediaapakabar.com
Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi para korban banjir bandang sekaligus menyalurkan berbagai bantuan sosial di masa tanggap darurat  di Kabupaten Padang Lawas, Provinsi Sumatera Utara.  

“Untuk keputusan terkait relokasi para korban bencana banjir bandang tidak bisa sekarang,” ujar Mensos di lokasi bencana banjir bandang, Senin (3/1/2021) malam. 


Pasalnya, kata Mensos, untuk lokasi relokasi layak atau tidak itu harus dibahas oleh bupati dalam Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) secara detail. 


“Bisa jadi tahun lalu pernah dibantu pemerintah lalu kena bencana lagi, nah itu yang memutuskan perlu atau tidaknya relokasi itu forkopimda,” ungkap Mensos. 


Di akhir tahun 2021, wilayah Kabupaten Padang Lawas diterjang banjir bandang yang merendam 15 desa, rumah rusak berat 79 unit, rusak sedang 51 unit dan rusak ringan 56 unit, rumah hanyut 12 unit, 1 Sekolah  Rusak Berat (Pesantren Nizoumul Hikmah), serta mengungsi di SD 1 Tanjung Baru 100 jiwa dan Pesantren Babul Hasannah 200 jiwa dan total 300 jiwa. 


Pada kesempatan itu, Mensos memberikan bantuan sosial berupa buffer stock logistik yaitu 600 lembar selimut merah, 361 paket Family kit, 350 lembar Tenda gulung merah. 


Selain itu, 700 lembar matras, 720 paket makanan siap saji, 100 unit kasur,  8 unit tenda serbaguna keluarga merah,  100 paket popok Bayi, dan 100 paket pembalut wanita. 


Termasuk, 40 Paket Kid Ware, 60 Foodware, 10 paket Pr. dapur keluarga,  150 paket makanan Anak, 1 unit tenda Merah Putih, 10 unit penjernih air, sehingga  total bantuan senilai Rp782.237.253. 


"Bantuan buffer stock logistik ini dikirimkan pada Sabtu 1 Januari 2022 dari Gudang Provinsi Sumut via Darat, Gudang Regional Pusat Bekasi via Udara, Gudang Balai Padang via Darat. Per 3 Januari sebagian bantuan sudah sampai lokasi bencana dan sisanya masih dalam perjalanan menuju lokasi bencana," tuturnya.


Selain itu, Kemensos melalui Dinas Sosial Kabupaten Padang Lawas melakukan asesmen terhadap korban bencana terdampak yang dilanjutkan mendirikan 3 dapur umum di 3 Desa yaitu Tanjung Baru, Manggis, dan Tamiang dikelola Tagana Padang Lawas. 


Supply kebutuhan dapur umum dipusatkan di Posko Utama Dinsos di Kantor Desa Tanjung Baru produksi makanan siap saji 1.200 porsi/hari, yang didistribusikan ke Posko DU BPBD di Desa Tanjung Baru 200 porsi/hari, Posko DU Pramuka Desa Tamiang , 300 porsi/hari, Posko Babul Hanasah Desa Manggis 400 porsi/hari, serta Posko DU Mandiri Pagarantayas. 


Selain itu, bantuan 10 unit alat penjernih air sudah diinstal oleh petugas dan hari ini sudah bisa digunakan; kebutuhan genset sudah membeli 4 unit kemarin; pendataan pengungsi; dan perbaikan shelter sudah dilakukan. (IK)

Share:
Komentar

Berita Terkini