Kompolnas Sebut Arteria Bisa Punya Plat Polisi atas Pertimbangan Pejabat Polri

REDAKSI
Minggu, 23 Januari 2022 - 06:00
kali dibaca
Ket Foto : Plat nomor dinas Polri yang terpasang di mobil Arteria Dahlan. (detik.com)

Mediaapakabar.com
Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) berbicara mengenai anggota Komisi III DPR Fraksi PDIP, Arteria Dahlan, yang memiliki plat dinas Polri. Kompolnas menyebut Arteria Dahlan bisa saja memiliki plat dinas polisi dengan pertimbangan pejabat Polri.

"Atas pertimbangan pejabat Polri sesuai perkap tersebut," ujar komisioner Kompolnas Irjen (Purn) Pudji Hartanto dikutip dari detikcom, pada Minggu, 23 Januari 2022.


Pudji menjawab pertanyaan apakah anggota DPR seperti Arteria Dahlan bisa memiliki plat Polri selama dia mengajukan.


Perkap yang Pudji maksud adalah Perkap Nomor 9 Tahun 2019 tentang Penerbitan STNK dan TNKB Dinas Polri. Perkap diteken oleh Kapolri Jenderal Idham Azis pada 5 Desember 2019.


Mantan Kakorlantas ini mengatakan plat dinas polisi dikeluarkan oleh Slog Polri.


"Plat dinas polisi yang mengeluarkan Slog Polri," ucapnya.


Pudji menjelaskan pejabat tertentu bisa mengajukan plat dinas polisi secara resmi kepada Polri. Nantinya pengajuan itu akan diproses oleh Slog Polri.


"Untuk pejabat tertentu, prosesnya pengajuan resmi dari instansi (lembaga pemerintah sesuai prosedur serta permohonan resmi oleh pejabat setingkat eselon 1 dan diproses oleh Slog Polri) dengan prosedur melampirkan STNK, BPKB, dan cek fisik ranmor guna pemeriksaan," papar Pudji.


Pudji mengatakan prosedur itu hanya berlaku untuk satu kendaraan bermotor (ranmor). "Ini prosedurnya dan berlaku untuk satu ranmor," imbuhnya.


Dalam perkap yang dilampirkan Pudji, tampak ada persyaratan penerbitan surat tanda nomor kendaraan bermotor dinas (STNKBD) Polri dan tanda nomor kendaraan bermotor dinas (TNK-BD) Polri. Penerbitan itu diajukan kepada Asisten Kapolri bidang Logistik (Aslog) atau Kepala Biro Logistik Polda pada tingkat kewilayahan.


Mabes Polri sudah buka suara mengenai plat dinas polisi Arteria ini. Polri mengungkap peruntukan nopol Arteria yang sebenarnya.


Plat nomor kendaraan organik kepolisian yang terpasang di kelima mobil Arteria bernomor 4196-07. Polri mengatakan plat nomor kendaraan organik 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Dalam data Slog Polri, plat nomor tersebut memang untuk Arteria Dahlan.


"Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H. Arteria Dahlan, S.T., S.H., M.H/ DPR RI," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan.


Artinya, plat nomor organik kepolisian itu hanya untuk satu mobil. Untuk diketahui, Arteria memasang plat nomor tersebut kelima mobilnya, dan tak ada Mitsubishi Pajero Sport Dakar di antara kelima mobil yang diparkirkan itu.


Berikut lima mobil Arteria yang dipasangi plat nomor organik kepolisian 4196-07:


1. Toyota Vellfire hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id

2. Mitsubishi Grandis hitam berstiker arteriadahlanlawyers.co.id

3. Toyota Fortuner putih berstiker arteriadahlanlawyers.co.id

4. Nissan Grand Livina merah berstiker arteriadahlanlawyers.co.id

5. Toyota Innova silver tanpa stiker. (DTC/MC)


Share:
Komentar

Berita Terkini