Jadi Pemateri di Seminar Kepemudaan IMATAPUT Jambi, Bupati Taput Tekankan Benahi Diri Untuk Mandiri

Aris Rinaldi Nasution
Minggu, 09 Januari 2022 - 15:08
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan didampingi Kadis Pemuda dan Olahraga menjadi pemateri di Seminar Kepemudaan Ikatan Mahasiswa Tapanuli Utara (IMATAPUT) Jambi, di Balai Data Kantor Bupati, Tarutung Sabtu (08/01/2022). 

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan didampingi Kadis Pemuda dan Olahraga menjadi pemateri di Seminar Kepemudaan Ikatan Mahasiswa Tapanuli Utara (IMATAPUT) Jambi, di Balai Data Kantor Bupati, Tarutung Sabtu (08/01/2022). Turut hadir beberapa pimpinan perangkat daerah.

Dalam paparannya, Bupati Nikson Nababan menjelaskan secara singkat bagaimana perjuangan orang tua beliau dan beliau sendiri sekolah setinggi-tingginya sampai bisa menjadi kepala daerah seperti sekarang.


Dirinya menekankan bahwa kesuksesan tidak ada tanpa kerja keras dan semangat juang yang datang dari diri sendiri. 


Bupati mengharapkan seluruh generasi muda khususnya generasi muda Tapanuli Utara memiliki sifat rela berkorban, karena dapat memupuk semangat Nasionalisme dan sikap cinta tanah air mereka sebagai fondasi dasar agar Ketahanan Nasional dimasa yang akan datang tetap kokoh.


“Benahi dirimu dan jadilah mandiri. Generasi muda mesti meningkatkan kemandirian dalam dirinya. Dan jangan terlalu bergantung kepada orang lain, bagi yang berpendidikan tinggi diharapkan nantinya mampu membuka peluang kerja bagi masyarakat sesuai ilmu dan keahliannya,” ujar Bupati Nikson Nababan. 


Dalam kesempatan itu, Bupati Taput juga menyatakan bahwa beliau fokus membangun Tapanuli Utara dimana desa-desanya belum merdeka, maka fokus anggaran adalah untuk perbaikan infrastruktur untuk kelancaran interkoneksi.


“Mari kita fokus mewujudkan Tapanuli Utara yang masyarakatnya sejahtera, mewujudkan lumbung pangan, kita bekerjasama mewujudkan sekolah berkualitas dan sekolah unggulan, kita perjuangkan Bersama agar Universitas Negeri Umum Tapanuli Raya bisa berdiri. 


Kita doakan dan giatkan di media, dan surat menyurat ke Pemerintah Pusat, kepada mahasiswa untuk menggelorakannya lewat tulisan-tulisan. Kita doakan Bersama Perpres pendirian Universitas Negeri Umum segera terbit untuk Tapanuli Utara semakin hebat,” tutur Bupati Nikson Nababan.


Nikson mengatakan kalau Desa kuat Kota kuat Indonesia menjadi negara mandiri dan berdikari. Mohon doa dan dukungan dari adik-adik mahasiswa. 


"Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami mengajak adik-adik sekalian, untuk bersatu padu, bahu-membahu, menumbuh-kembangkan budaya kerja keras, menghargai waktu, membangun rasa kebersamaan dan rasa turut memiliki hasil pembangunan di daerah kita ini," ujarnya.


Jika hal ini dapat kita berhasilkan secara optimal, dipadukan dengan semangat gotong-royong. "Maka yakin dan percayalah Bona Pasogit Kabupaten Tapanuli Utara tercinta ini akan sukses melakukan lompatan dalam lompatan menuju kemajuan dan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.


Dalam kesempatan yang sama, Ketua BPH Adiputra Pasaribu menyampaikan sambutannya menjelaskan bahwa Seminar hari ini adalah Seminar Kebangsaan sebagai wahana bertukar pikiran berbagai informasi dan menambah wawasan kepada pemuda sebagai generasi penerus maka dari itu diundang pemateri yang luar biasa yang mengerti titik terang daripada Kabupaten Tapanuli Utara.

 

“Maka kita tingkatkan peran pemuda dalam pembangunan daerah, guna mewujudkan Tapanuli Utara yang mandiri dan produktif. Thema ini kita harapkan selaras dengan visi misi Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara pada saat ini. Dimana Pemerintah sangat membutuhkan dukungan stakeholder yang membutuhkan peran pemuda baik dari berbagai lapisan masyarakat, oleh karena itu dibutuhkan komprehensif antara pemuda, masyarakat dan Pemerintah untuk sama-sama mewujudkan visi misi Kabupaten Tapanuli Utara.” tutur Aditya.


“Harapan kita Seminar Kebangsaan ini nantinya mampu meningkatkan daya kritis kita dan daya kecintaan kita terhadap Kabupaten Tapanuli Utara. Dan perlu kita tahu bahwa masih banyak pemuda yang apatis terhadap Kabupatennya sendiri, untuk itu harapan kita supaya kita tidak apatis, karena kita adalah tunas-tunas bangsa, kalau bukan kita yang membangun Tapanuli Utara ini siapa lagi seperti Prinsip ‘Arga do Bona ni Pinasa di akka na marbisuk marroha’” tutupnya.


Seminar Kebangsaan yang diketuai oleh Asril Lubis, mengangkat Tema "Meningkatkan Peran Pemuda Guna Mewujudkan Taput Mandiri dan Produktif".


Kegiatan tersebut melibatkan  civitas akademika Mahasiswa/I asal Tapanuli Utara sebanyak 157 orang yaitu dari Akper Tapanuli Utara, mahasiswa HKBP, mahasiswa IAKN, Organisasi GMNI, HIPSI (Himpunan Pemuda Pemudi Silindung), BMI (Benteng Muda Indonesia), IMAMUT (Ikatan Mahasiswa Tapanuli Utara) dan GMKI (Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia). (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini