Bupati Deli Serdang Resmikan Pabrik Porang

REDAKSI
Selasa, 11 Januari 2022 - 12:04
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Deli Serdang melalui Asisten  Perekonomian dan pembangunan Putra Jaya Manalu meresmikan pabrik Porang milik CV. Serasi Jaya Nusantara (SJN) di Jalan Setia Budi Lubuk Pakam, Senin, 10 Januari 2022.

Mediaapakabar.com
Bupati Deli Serdang melalui Asisten  Perekonomian dan pembangunan Putra Jaya Manalu meresmikan pabrik Porang milik CV. Serasi Jaya Nusantara (SJN) di Jalan Setia Budi Lubuk Pakam, Senin, 10 Januari 2022.

Peresmian tersebut hadir mewakili Gubernur Sumut dari Biro Perekonomian, Forkopimda Deli Serdang, komunitas petani tanaman Porang Sumut serta undangan lainnya.


Putra Jaya Manalu menjelaskan pemerintah Kab Deliserdang mendukung peresmian pabrik Porang milik CV SJN apa lagi dapat mendongkrak  ekonomi warga khususnya Deli Serdang.


"Dengan diresmikannya pabrik Porang ini kita berharap ke depan dapat membangkitkan ekonomi masyarakat  yang sempat terpuruk di tengah pandemi Covid-19," terangnya.


Kata dia, bisnis dibidang pertanian Porang saat ini sangat prospektif di masa yang akan datang. Apalagi tanaman Porang sangat menjanjikan karena memiliki ekonomi yang sangat bernilai tinggi. 


Selain itu tanaman Porang juga banyak digunakan terutama untuk industri kesehatan dan hal-hal komoditi yang lain, hal itu tidak lain zat yang dikandung banyak khasiatnya, apalagi ini juga jenis tumbuhan herbal yang mampu tumbuh dan berkembang 0 sampai 700 meter diatas permukaan laut. Artinya potensi itu ada di Deliserdang dan sangat memenuhi kebutuhan warga.


"Semoga dengan langkah strategis ini membawa dampak positif investasi terutama ekspor dan penyerapan tenaga kerja sehingga berkontribusi pertumbuhan ekonomi baik secara nasional dan di daerah," paparnya.


Pimpinan CV SJN  Burhan menjelaskan tanaman Porang menjadi primadona ketika Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa orang bisa menjadi komoditas ekspor baru yang memberikan keuntungan tinggi dan meningkatkan perekonomian rakyat. 


Sumatera Utara diharapkan menjadi menyumbang produksi porang, sehingga CV  SJN telah menyiapkan pabrik pengolahan porang dengan produksi 90 ton per hari. 


Pabrik porang pertama di Sumatera Utara ini  akan membeli porang petani dalam jumlah besar dan akan terus dikembangkan, agar petani tidak perlu kuatir dengan penjualan panen porang.


"Untuk menggerakkan pertanian porang, CV. SJN sebagai pemilik dan pengelola pabrik didukung oleh PT Digital Handal Indonesia (DHI), perusahaan platform digital sekaligus pengembang Koperasi Terang Lestari Link (TL-Link) secara bersama-sama memasyarakatkan porang kepada petani kelas Rumah Tangga," ujarnya.


Kata dia,  Rumah Tangga yang memiliki lahan 100 m2 sudah dapat menjadi petani porang. Petani RT cukup  menyediakan lahan, polybag dan pupuk, PT DHI akan  menyediakan bibit . Petani Rumah Tangga  menjadi anggota Koperasi TL-Link, yang akan mendukung hingga panen dan penjualan ke pabrik.


Apa lagi Kementan telah menyusun Roadmap Budi daya dan Ekspor Porang 2020-2024 dengan  target pengembangan  100 ribu hektare (ha) pada 2024 dan potensi ekspor sebesar 92 ribu ton chips kering.  


Dalam roadmap disebutkan realisasi luas lahan tanaman porang 2020 adalah 19.950 ha dan 2021 adalah 47.641 ha. Produksi porang basah yang ditargetkan adalah 10 ton/ha yang akan dibuat berupa tepung glucomannan. Sedangkan, produksi kering dalam bentuk chips adalah 15% dari produksi basah. Kebutuhan benih adalah 20.000 katak(100 kg/ha).


“Jadi petani porang tidak perlu kuatir. Kami membelinya dengan harga terbaik". Jelasnya.

Kami bekerjasama dengan PT DHI dan Koperasi TL-Link yang juga menyediakan bibit porang. Bahkan Koperasi TL Link menyiapkan aplikasi Koperasi digital, sehingga usaha porang ini semakin modern dan transparan," tambahnya.


Komut PT DHI San Herib menyatakan bahwa kehadiran PT DHI dengan Koperasi TL Link ingin berkontribusi kepada masyarakat Sumatera Utara, khususnya petani porang dengan konsep modern melalui digitalisasi koperasi. 


“Aplikasi koperasi TL Link tersedia di playstore. Petani cukup menjadi anggota Koperasi, daftar secara online. Kami juga memberikan sertifikasi untuk bibit porang, sehingga porang yang ditanam, hasilnya benar-benar memenuhi kualitas ekspor," katanya.


San Herib juga menyampaikan bahwa PT DHI telah menyediakan lahan pertanian percontohan tanaman porang yang dikelola secara profesional. 


Beliau mengajak seluruh masyarakat yang ingin meningkatkan perekonomian keluarga untuk memanfaatkan kesempatan menjadi petani porang skala rumah tangga. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini