Bungkam Timnas Indonesia dengan Agregat 6-2, Thailand Juara Piala AFF 2020

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2020 usai menahan imbang Timnas Indonesia dengan skor 2-2 pada laga leg kedua di Stadion National, Sabtu (1/1/2022) malam WIB / Foto: AFF Cup.

Mediaapakabar.com
Thailand keluar sebagai juara Piala AFF 2020 usai menahan imbang Timnas Indonesia dengan skor 2-2 pada laga leg kedua di Stadion National, Sabtu (1/1/2022) malam WIB. Dengan demikian, skuad Gajah Perang menang dengan agregat 6-2.

Timnas Indonesia sebenarnya mampu membuat lini pertahanan Thailand terkejut dengan gol cepat yang dicetak Ricky Kambuaya. Berawal dari tekanan yang diberikan skuad Garuda, Ricky yang berdiri bebas dengan leluasa melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti.


Keunggulan 0-1 untuk Timnas Indonesia bertahan hingga interval pertama. Sepanjang 45 menit pertama, pasukan Shin Tae-yong sebenarnya mampu memberikan tekanan yang baik.


Hanya saja, sejumlah peluang yang tercipta gagal menghasilkan gol tambahan. Tugas pun belum usai, karena Timnas Indonesia membutuhkan empat gol tanpa kebobolan untuk membawa pulang trofi juara Piala AFF 2020.


Setelah keluar dari ruang ganti, Thailand langsung memasukkan tiga pemain sekaligus. Mereka adalah Weerathep Pomphan menggantikan Pawee Tanthatemee, Phitiwat Sukjitthammakul (Thanawat Suengchitthawon), dan Adisak Kraisorn (Teerasil Dangda).


Dilansir dari Okezone.com, hadirnya pemain nomor 9 benar-benar mengubah permainan Gajah Perang. Betapa tidak, dalam 11 menit pasca turun minum, Thailand sukses membalikan keadaan menjadi 2-1. Gol penyeimbang dicetak Adisak Kraisorn.


Pemain bernomor punggung 9 itu mampu membayar kepercayaan pelatih Alexandre Polking di menit 54. Selang dua menit kemudian, pendukung Thailand kembali bersorak setelah tendangan Sarach Yooyen salah diantisipasi Asnawi Mangkualam dan bola meluncur ke gawang Nadeo Argawinata.


10 menit sebelum pertandingan usai, Egy Maulana Vikri mencatatkan namanya di papan skor usai menggetarkan gawang Thailand. Hingga peluit panjang dibunyikan skor 2-2 tak berubah.


Thailand pun resmi mencatatkan namanya sebagai pemenang di Piala AFF 2020 dengan kemenangan agregat 6-2 atas Timnas Indonesia. Ini merupakan trofi keenam yang diraih skuad Garuda di turnamen ini.


Dengan demikian, skuad Garuda untuk keenam kalinya harus menunda perayaan gelar juara di Piala AFF. Menariknya, empat kesempatan tampil di final, Timnas Indonesia selalu kalah melawan Thailand. (OC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini