9 Pekan Ditinggal Jenderal TNI Dudung, Jabatan Pangkostrad Kini Dijabat Mantu Luhut

Aris Rinaldi Nasution
Sabtu, 22 Januari 2022 - 10:49
kali dibaca

Ket Foto : Pangdam Udayana, Bali, Mayjen Maruli Simanjuntak dan istrinya Paulina yang juga putri Luhut Pandjaitan (Tangkapan layar YouTube TNI AD)


Mediaapakabar.com
Posisi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) kini dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Posisi tersebut sebelumnya kosong sejak Jenderal TNI Dudung Abduracman diangkat menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

Diketahui kekosongan jabatan Pangkostrad terjadi selepas Jenderal Dudung Abdurachman dilantik menjadi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) oleh Presiden Joko Widodo pada 17 November 2021.


Dalam keterangan tertulis, Pusat Penerangan TNI, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com,  Sabtu (22/1/2022) menyebut mutasi Pangkostrad ini dilakukan bersama mutasi 10 perwira tinggi bintang tiga seperti Wakil KSAD, Pengkoarmad, hingga Pangkogabwilhan III.


"Pangkostrad dijabat oleh Mayjen TNI Maruli Simanjuntak," demikian isi pernyataan keterangan tertulis Puspen TNI.


Maruli sebelumnya adalah Panglima Kodam IX/Udayana. Ia dipromosikan menjadi jenderal bintang tiga atau letnan jenderal setelah nanti resmi menjabat Pangkostrad.


Kekosongan jabatan yang terjadi lebih dari sembilan pekan itu sempat dipertanyakan oleh anggota Komisi I DPR dari Fraksi PDIP dan Fraksi Demokrat.


Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PDIP Tubagus Hasanuddin mengatakan jabatan Pangkostrad harus segera diisi agar memiliki komando dan pengendalian yang pasti. Menurutnya, jabatan Pangkostrad tetap perlu diisi meski posisi kepala staf serta tiga panglima divisi masih lengkap.


Setelah lama lowong, jabatan tersebut akhirnya diisi oleh Maruli yang juga diketahui menantu dari Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. 


Keputusan tersebut berdasar pada surat Keputusan Jabatan nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Jenderal Andika pada Jumat (21/1) malam. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini