Timnas Indonesia ke Final Piala AFF, Vietnam Masih Tak Percaya

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Timnas Indonesia ke final Piala AFF usai membantai Singapura, Vietnam masih tidak percaya. (AFF)

Mediaapakabar.com
Timnas Indonesia ke final Piala AFF 2020 usai membantai Singapura, pengamat asal Vietnam masih tidak percaya.

Laga leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara Timnas Indonesia vs Singapura pada Sabtu (25/12/2021) berjalan penuh kejutan tak terduga.


Menyaksikan laga yang berakhir dimenangkan oleh Timnas Indonesia tersebut membuat pengamat asal Vietnam, Pham Nhu Thuan terkejut bukan main.


Melansir dari soha.vn, Pham Nhu Thuan mengaku tak pernah menyaksikan laga seperti itu di Piala AFF sebelumnya.


"Saya belum pernah menyaksikan pertandingan yang tidak terduga di Piala AFF. Pertandingan itu memiliki terlalu banyak kejutan dan situasinya terus berubah hingga membuat pusing" ujar Pham Nhu Thuan dikutip dari Genpi.co.


Bahkan yang paling tak terduga menurut Pham Nhu Thuan yakni permainan yang ditunjukan skuad Shin Tae Yong justru lebih buruk dibandingkan sebelumnya.


"Yang paling mengejutkan adalah Indonesia bermain lebih buruk dari sebelumnya, sementara Singapura bermain lebih baik setelah pemainnya dikeluarkan," imbuh Pham Nhu Thuan.


Pendapat Pham Nhu Thuan memang bisa dipahami setelah melihat pertandingan tersebut, di mana Singapura dipaksa bermain dengan 9 pemain usai Safuwan Baharudin (45+2') dan Irfan Fandi (67') mendapat kartu merah.


Namun, uniknya dengan kekurangan pemain, Singapura justru berhasil mencetak gol melalui sepakan Song Ui Yong (45+4') membuat kedudukan imbang 1-1.


Memasuki babak kedua, Singapura semakin membara menahan serangan skuad Garuda yang bertubi-tubi dan sukses mencetak gol melalui tendangan Shahdan Sulaiman pada menit ke-74.


Dengan bersarangnya bola di gawang Nadeo Argawinata, Singapura pun unggul 2-1, namun 13 menit berselang Pratama Arhan mengubah keadaan dengan menyamakan kedudukan 2-2.


Namun suasana kembali menjadi tegang setelah penalti diberikan kepada Singapura menjelang detik-detik akhir babak kedua.


Penalti yang dieksekusi oleh Faris Ramli berhasil digagalkan oleh Nadeo Argawinata yang berdiri kokoh di bawah mistar gawang, memaksa babak tambahan dilakukan.


Memasuki babak tambahan, permainan Timnas Indonesia mulai membaik, tekanan yang diberikan skuad Garuda membuat Shawal Anuar melakukan gol bunuh diri pada menit ke-91.


Selanjutnya, Egy Maulana Vikri menyumbang gol terakhir pada menit ke-105+2 dan kedudukan 4-2 tidak berubah hingga akhir babak tambahan.


Dengan demikian, Timnas Indonesia berhasil lolos ke babak final dengan agregat 5-3 setelah sebelumnya imbang 1-1 di leg pertama pada Rabu (22/12).


Skuad Garuda dipastikan akan melaju ke final berhadapan dengan pemenang dari leg kedua antara Thailand vs Vietnam yang akan digelar pada Minggu (26/12).


Pertandingan final Piala AFF 2020 akan digelar dalam dua leg yakni pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. (GC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini