Pemkab Asahan Selenggarakan Kabupaten/Kota Sehat 2021

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Pemerintah Kabupaten Asahan bersama Dinas Kesehatan, menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Asahan 2021, bertempat di Aula Melati Kantor Bupati, Kamis (16/12/2021).

Mediaapakabar.com
Pemerintah Kabupaten Asahan bersama Dinas Kesehatan, menyelenggarakan Kabupaten/Kota Sehat Kabupaten Asahan 2021, bertempat di Aula Melati Kantor Bupati, Kamis (16/12/2021).

Turut hadir dalam kegiatan ini Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs.H. John Hardi Nasution,M.Si., Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna, M.K.M., Tim pembina kabupaten sehat Kabupaten Asahan, Tim forum Kabupaten sehat kan, dan Camat se-Kabupaten Asahan.


Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Drs.H. John Hardi Nasution, M.Si. menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat (KKS) ini didukung oleh peran serta aktif masyarakat serta merupakan wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpartisipasi untuk turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat.


“Kabupaten sehat adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi dan disepakati masyarakat,” jelas Hardi.


Penyelenggaraan kabupaten/kota sehat adalah berbagai kegiatan untuk mewujudkan kabupaten/kota sehat melalui pemberdayaan masyarakat, melalui forum yang difasilitasi oleh pemerintah kabupaten/kota,” ujar Bupati.


Tujuan penyelenggaraan kabupaten sehat yaitu tercapainya kondisi Kabupaten untuk hidup dan bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni sebagai tempat bekerja dengan

terlaksananya program - program Kesehatan dan sektor lainnya. Sedangkan sasarannya yaitu:


1. terlaksananya program kesehatan dan

sektor terkait yang sinkron dengan kebutuhan masyarakat, melalui

pemberdayaan forum yang disepakati

masyarakat.

2. terbentuknya forum masyarakat yang mampu menjalin kerjasama antar masyarakat, pemerintah daerah dan pihak swasta.

3. Terselenggaranya upaya peningkatan

lingkungan fisik, sosial, dan budaya, serta perilaku dan pelayanan kesehatan yang terjangkau.

4. terwujudnya kondisi yang kondusif bagi masyarakat.


Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dr. Hari Sapna, M.K.M. menjelaskan bahwa dengan dilaksanakannya gerakan kabupaten sehat akan memberi dampak pada masyarakat antara lain:

1. masyarakat lebih mandiri, mampu dan mempunyai kesempatan menjadi

mitra pemerintah dalam melakukan pembangunan.

2. Masyarakat ikut bertanggung jawab dan ikut menilai hasil dan manfaat pembangunan tersebut.


Tatanan kabupaten/kota Sehat

dikelompokkan berdasarkan kawasan dan permasalahan khusus terdiri dari:


1. kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum.

2. kawasan sarana lalu lintas tertib dan

pelayanan transportasi.

3. kawasan pertambangan sehat

4. kawasan hutan sehat

5. kawasan industri dan perkantoran sehat

6. kawasan pariwisata sehat

7. kawasan pangan dan gizi

8. kehidupan masyarakat sehat dan mandiri.

9. kehidupan sosial yang sehat


Untuk mendukung terlaksananya kegiatan kabupaten/kota sehat, Pemerintah Kabupaten Asahan berharap diperlukan adanya dukungan dari berbagai pihak baik itu dari tim pembina, tim forum kabupaten sehat kabupaten Asahan, pokja kecamatan dan pokja desa sehat. (HEN)

Share:
Komentar

Berita Terkini