Omicron Mulai ''Menginfeksi'' Rupiah dan IHSG

REDAKSI
Selasa, 14 Desember 2021 - 18:26
kali dibaca
Ket Foto : Ilustrasi. (INT)

Mediaapakabar.com
Sebelumnya, pasar keuangan kerap mendapatkan kabar bahwa omicron tidak se-berbahaya varian sebelumnya, dan dinilai tidak begitu banyak memberikan dampak negatif bagi ekonomi global. Namun ketakutan kembali mencuat, setelah ada kabar bahwa Inggris melaporkan kasus kematian pertama karena Omicron, dan China kembali terjangkiti dengan varian baru Covid-19 tersebut.

Bahkan, banyak negara didunia yang direpotkan dengan penambahan jumlah kasus baru Covid-19 Omicron. Pada hari ini, bursa Eropa dibuka minus, bursa di Asia juga turun. 


"Tanpa terkecuali kinerja pasar keuangan nasional yakni IHSG dan Rupiah yang turut tertekan kinerjanya. Mata uang Rupiah bahkan sempat melemah hingga diatas level 14.350 per US Dollar, meskipun perdagangan sore pelemahan rupiah terkikis dan berbalik mendekati penutupan sebelumnya di level 14.320," kata Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin, Selasa (14/12/2021).


Gunawan menjelaskan, untuk IHSG juga dilanda aksi jual pada perdagangan hari ini. Sempat menguat sesaat di sesi pembukaan, IHSG selanjutnya berada di teritori negatif hingga pasar saham tutup. Fokus pelaku pasar terpecah, padahal di pekan ini ada agenda penting dari sejumlah bank sentral khususnya Bank Sentral AS dan Bank Indonesia.


"Omicron yang sempat dinilai tidak terlalu berbahaya mulai dipertimbangkan dan masuk pertimbangan keputusan investasi para pelaku pasar. Penutupan atau karantina yang dilakukan di sejumlah negara besar telah merubah ekspektasi pemulihan ekonomi global. Hal ini turut mempengaruhi kemungkinan perubahan ekspektasi ekonomi nasional," jelasnya.


Pelemahan kinerja sektor keuangan pada hari ini juga mengabaikan data yang akan dirilis BPS terkait data perdagangan nasional. Dari banyak consensus menyatakan bahwa neraca dagang RI akan surplus yang seyogyanya menjadi pemicu penguatan pasar keuangan domestik. Gunawan menilai Rupiah banyak tertolong dengan ekspektasi neraca dagang nasional.


Tetapi untuk IHSG masih dipengaruhi oleh tekanan jual yang terjadi di banyak bursa global. Ini yang membuat IHSG lebih buruk nasibnya ketimbang kinerja mata uang Rupiah yang mampu mengurangi kerugian selama sesei perdagangan berlangsung pada hari ini.


"Untuk perdagangan besok hingga Jumat menjadi perdagangan yang amat krusial. Karena Bank Sentral AS akan merilis kebijakan suku bunganya ditambah dengan ekspektasi kinerja ekonomi AS. Seperti yang sebelumnya saya kemukakan, jika sinyal elemennya ada potensi kenaikan bunga acuan ataupun penambahan kebijakan tapering, maka pasar keuangan kita bisa merespon negatif," ujarnya. 


Sejauh ini, untuk IHSG sendiri memang masih mampu tertahan di level psikologis 6.600. IHSG ditutup turun 0.71 persen di level 6.615,637, dan rupiah relatif tidak banyak berubah dibandingkan dengan penutupan perdagangan sebelumnya meskipun sore ini terpantau melemah 10 poin (14.330) dibandingkan penutupan sebelumnya. (IK)

Share:
Komentar

Berita Terkini