Kapolri Listyo Sigit Rombak Densus 88, Pimpinannya Makin Dahsyat

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Mediaapakabar.com
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi puluhan perwira menengah (pamen) yang bertugas di Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri pada akhir 2021 ini.

Hal tersebut membuat petinggi di Densus 88 ini otomatis naik pangkat dan makin solid.


Seperti diketahui, saat ini struktur kepangkatan jabatan Direktur di Densus 88 Antiteror Polri kini dijabat oleh Brigjen.


Hal tersebut berdasarkan Keputusan Kapolri Nomor KEP/1482/IX/2021 tanggal 27 September 2021.


Dalam surat itu, diputuskan bahwa penguatan kepangkatan jabatan Direktur pada Densus 88 Antiteror Polri, yang semula berpangkat Kombes Pol menjadi Brigjen.


Selain itu, struktur Satuan Tugas Kewilayahan (Satgaswil) naik tipe menjadi tipe A.


Dengan adanya pengukuhan tersebut, secara otomatis para direktur di Densus naik jabatan menjadi Brigjen.


Kapolri Listyo Sigit melakukan perombakan itu termaktub dalam surat telegram nomor ST 2585/XII/KEP./2021 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri bidang Sumber Daya Manusia, Irjen Wahyu Widada tertanggal 21 Desember 2021.


Telegram tersebut membeberkan, sejumlah perwira yang akan mendapat promosi atau kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi dari Komisaris Besar (Kombes) menjadi Brigadir Jenderal.


"Ya benar (penerbitan telegram). Mutasi secara alamiah tour of duty, area penyegaran, dan promosi," jelas Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya, dikutip dari Genpi.co, pada Minggu, 26 Desember 2021.


Dalam surat telegram yang diterima, mutasi dilakukan terhadap 60 perwira menengah alias pamen.


Kombes Aswin Azhar Siregar yang saat ini menjabat sebagai Kepala Bagian Bantuan Operasi dipindah menjadi Kepala Bagian Perencanaan dan Administrasi (Kabag Renmin).


Selain itu, Kombes Arif Makhfudiharto yang sebelumnya bertugas sebagai Kasatgaswil Jawa Barat kini diangkat sebagai Dirdensos.


Posisi Arif Makhfudiharto akan digantikan oleh Kombes Djoni Djuhana yang sebelumnya menjabat Kasatgaswil Sumatera Selatan.


Kemudian, Kasatgaswil DKI Jakarta Kombes Tubagus Ami Prindani dimutasi menjabat sebagai PS Direktur Pencegahan.


Dia menggantikan Kombes Mochamad Rosidi yang dimutasi sebagai Pamen Densus 88 dalam rangkap persiapan penugasan di luar struktural.


Tercatat, total terdapat 32 jabatan Kasatgaswil Densus 88 dirotasi oleh Kapolri dalam telegram tersebut.


Selain itu, sejumlah Direktur saat ini berpangkat Brigjen atau jenderal bintang satu.


Mereka adalah Kombes Herry Heryawan yang dikukuhkan sebagai Direktur Penyidikan Densus 88 Antiteror Polri.


Kemudian, Kombes Zet Ringu yang dikukuhkan sebagai Direktur Intel Densus 88 dan Kombes Soeseno Noerhandoko yang dikukuhkan sebagai Direktur Penindakan Densus 88. Ketiganya akan mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. (GC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini