Indonesia Vs Singapura: The Lions Dapat Kartu Merah, Skor Imbang 1-1 di Babak Pertama

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Babak pertama pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Singapura berjalan sangat sengit dan berakhir imbang 1-1.

Mediaapakabar.com
Babak pertama pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2020 antara timnas Indonesia vs Singapura berjalan sangat sengit dan berakhir imbang 1-1.

Pertandingan timnas Indonesia vs Singapura berlangsung di National Stadium Singapura pada Rabu (25/12/2021) malam WIB.


Timnas Indonesia berhasil unggul berkat gol Ezra Walian pada menit ke-11. Timnas Singapura kemudian berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-49 lewat gol Song Ui-young.


Sebelum gol Song Ui-young, timnas Singapura harus bermain 10 orang setelah Safuwan Baharudin menerima hukuman kartu kuning kedua.


Pada babak pertama, timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong tampil sedikit mendominasi dengan persentase penguasaan bola mencapai 53 persen.


Dominasi itu membuat timnas Indonesia tercatat berhasil melepaskan total sembilan tembakan ke arah gawang dengan dua diantaranya tepat sasaran.


Di sisi lain, timnas Singapura tercatat melepaskan tiga tembakan ke arah gawang sepanjang babak pertama.


Jalannya babak pertama laga timnas Indonesia vs Singapura:


Dilansir dari Kompas.com, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, di luar dugaan menyimpan Irfan Jaya di bangku cadangan.


Keputusan itu tentu mengejutkan mengingat Irfan Jaya adalah pilar penting lini depan timnas Indonesia yang sudah menyumbang tiga gol dan dua assist sejak fase Grup Piala AFF 2020.


Posisi Irfan Jaya kali ini digantikan oleh Ramai Rumakiek yang pada semifinal pertama lalu terpaksa absen karena akumulasi kartu.


Adapun komposisi lini belakang timnas Indonesia malam ini sama seperti semifinal pertama, yakni Pratama Arhan, Rizky Ridho, Fachruddin Aryanto, Alfeandra Dewangga, dan Asnawi Mangkualam.


Di sisi lain, pelatih Singapura, Tatsuma Yoshida, melakukan empat perubahan malam ini. 


Salah satu perubahan besar yang dilakukan Tatsuma Yoshida adalah menyimpan top skor timnas Singapura, Ikhsan Fandi, di bangku cadangan.


Di lini tengah, Tatsuma Yoshida masih mengandalkan rio Harris Harun, Song Ui-young, dan Shahdan Sulaiman.


Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong mendapatkan peluang emas terlebih dahulu pada menit keenam.


Menerima umpan terobosan Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya yang membuka ruang di sisi kanan kotak penalti Singapura mendapatkan ruang tembak yang cukup lebar setelah lolos dari jebakan offside.


Ricky Kambuaya kemudian langsung melepaskan tembakan keras kaki kanan. Peluang tersebut tidak berbuah gol karena tembakan Ricky Kambuaya diblok barisan pertahanan Singapura.


Hingga menit ke-10, timnas Singapura asuhan Tatsuma Yoshida masih belum mendapatkan peluang emas.


Tepat pada menit ke-11, timnas Indonesia berhasil unggul terlebih dahulu berkat gol Ezra Walian.


Gol timnas Indonesia berawal dari keberhasilan Alfeandra Dewangga memotong laju bola tendangan kiper Singapura, Hassan Sunny, di lini tengah.


Alfeandra Dewangga kemudian langsung mengirim umpan lambung ke arah Witan Sulaeman yang membuka ruang di sisi kanan pertahanan Singapura.


Witan Sulaeman sebenarnya mendapat pengawalan ketat dari Safuwan Baharudin ketika hendak mengontrol bola.


Namun, Witan Sulaeman berhasil meloloskan diri dan langsung melakukan akselerasi masuk ke kotak penalti Singapura setelah mengontrol bola.


Witan kemudian kemudian langsung mengirim umpan silang mendatar dengan kaki kanannya setelah melewati kapten timnas Singapura, Harris Harun.


Umpan Witan itu mengarah tepat ke Ezra Walian yang sudah berdiri di tengah kotak penalti.


Ezra Walian yang berdiri bebas kemudian berhasil menyelesaikan peluang itu dengan tembakan kaki kiri mendatar. Itu adalah gol kedua Ezra Walian untuk timnas Indonesia di Piala AFF 2020.


Hingga menit ke-15, timnas Singapura masih kesulitan mengembangkan permainan karena pressing tinggi yang dilancarkan Witan Sulaeman dkk. Tempo pertandingan sedikit meningkat sejak menit ke-20.


Pada menit ke-26, Shin Tae-yong tersenyum kecil melihat tendangan bebas Alfeandra Dewangga yang melambung jauh di atas mistar gawang Singapura.


Memasuki menit ke-30, timnas Indonesia mulai kembali memegang kendali permainan. Timnas Indonesia terlihat ingin menurunkan tempo pertandingan dengan memainkan bola lebih lama.


Pada menit ke-37, timnas Indonesia mendapatkan peluang lewat tendangan bebas sekitar dua meter di depan kotak penalti Singapura. Tendangan bebas itu didapatkan timnas Indonesia setelah Witan Sulaeman dijatuhkan oleh Safuwan Baharudin.


Namun, peluang itu tidak berbuah gol setelah tendangan bebas Ramai Rumakiek terlalu lemah dan mengarah tepat ke pelukan kiper Singapura, Hassan Sunny.


Tepat pada menit ke-41, timnas Singapura nyaris menyamakan kedudukan andai tendangan kaki kanan Hafiz Nor dari luar kotak penalti tidak ditepis oleh Nadeo Argawinata.


Beruntung bagi Indonesia karena Rachmat Irianto berhasil mengamankan bola liar dari sergapan Amy Recha yang sudah berlari dari lini kedua.


Menjelang akhir babak pertama, timnas Singapura harus bermain 10 orang setelah Safuwan Baharudin diusir wasit.


Safuwan Baharudin harus meninggalkan lapangan setelah mendapatkan hukuman kartu kuning kedua.


Meski bermain 10 orang, timnas Singapura justru berhasil menyamakan kedudukan lewat gol Song Ui-young pada menit ke-49. (KC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini