Camat Apresiasi Sosialisasi Paliatif Bagi Anak Pejuang Kanker Pita Kuning

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 15 Desember 2021 - 23:01
kali dibaca
Ket Foto : Camat Medan Petisah, Budi Lubis mengapresiasi sosialisasi perawatan  paliatif bagi anak pejuang kanker yang dilaksanakan Yayasan Pita Kuning.

Mediaapakabar.com
Camat Medan Petisah, Budi Lubis mengapresiasi sosialisasi perawatan  paliatif bagi anak pejuang kanker yang dilaksanakan Yayasan Pita Kuning.

Apresiasi tersebut disampaikan oleh Camat saat menghadiri sosialisasi yang dilaksanakan di Lapangan Serbaguna Kampung Sejahtera, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Rabu, (15/12/2021).


"Secara pribadi dan atasan nama pemerintah Kecamatan Medan Petisah dan pemerintah Kota Medan, saya mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh rekan-rekan dari Yayasan Pita Kuning, Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS) dan komunitas Turun Tangan Kota Medan, Kampung Dongeng Medan serta pihak lain yang terlibat dalam kegiatan yang luar biasa ini," ujar Camat didampingi Lurah Petisah Tengah, M Hafiz TA Parinduri. 


Lanjut dijelaskan camat, kegiatan yang dilaksanakan dalam bentuk edukasi tersebut diharapkan berlanjut ke lokasi-lokasi lain yang ada di Kota Medan.


"Ini sangat baik. Menambah wawasan kita semua dalam penanganan terhadap anak pejuang kanker," jelas camat.


Karena itu, camat mengimbau kepada peserta untuk dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat terkait perawatan paliatif bagi anak pejuang kanker.


"Kita berharap ilmu yang didapat dalam sosialisasi ini dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Sekali lagi, terima kasih Yayasan Pita Kuning," kata camat.


Sementara itu, Ketua Yayasan Pita Kuning,  Raka dalam paparannya menyampaikan perawatan paliatif bagi anak pejuang kanker dan cara mencegah kanker itu sendiri.


"Bukan hanya orang dewasa, anak-anak juga bisa terkena kanker. Bahkan faktanya, saat ini jumlah anak pejuang kanker meningkat. Biasanya faktor yang menyebabkan hal itu pada anak berbeda dengan kanker pada orang dewasa," kata Raka.


Meski begitu, disebutkannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orang tua untuk mencegah kanker pada anak-anak. 


"Gaya hidup sehat adalah fondasi yang kuat untuk menjaga kesehatan anak dan menghindarkan mereka dari kanker. Oleh sebab itu, orang tua harus memberikan contoh gaya hidup sehat pada anak, seperti tidak merokok, mengonsumsi sayuran dan buah, serta berolahraga teratur," sebutnya.


Sebab, kata Raka, buah dan sayur yang mengandung vitamin serta antioksidan akan membantu anak menangkal segala jenis penyakit, termasuk kanker. 


Sementara itu, perwakilan Komunitas Turun Tangan Medan Doni Swandana lebih banyak menyampaikan tentang komunitas dan sejumlah aksi serta konsentrasi komunitas tersebut.


Sementara itu, Ketua P3KS Aminurasid mengapresiasi Yayasan Pita Kuning dan komunitas lainnya yang telah menyuskeskan sosialisasi perawatan paliatif pada anak pejuang kanker di Kampung Sejahtera.


"Kami sangat senang dengan kegiatan sosialisasi dan edukasi terkait penanganan penyakit kanker ini. Karena, ini pasti menambah ilmu pengetahuan bagi warga dan seluruh masyarakat. Dan kami berharap Yayasan Pita Kuning dapat terus memperhatikan dan memberikan solusi dan penanganan bagi warga ketika persoalan ini terjadi," katanya. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini