Bupati Taput Hadiri Penanaman Bawang Merah Perdana Seluas 1 HA

Aris Rinaldi Nasution
Rabu, 22 Desember 2021 - 10:51
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan M.Si bersama Kepala Departemen Operasi PT Inalum Kusdaryanto BP yang diwakili oleh Manajer Humas Arfan Iqbal Harahap  menanam bawang merah perdana seluas 1 HA di Desa Utte Mungkur Kecamatan Muara, Selasa (21/12/2021). 

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan M.Si bersama Kepala Departemen Operasi PT Inalum Kusdaryanto BP yang diwakili oleh Manajer Humas Arfan Iqbal Harahap  menanam bawang merah perdana seluas 1 HA di Desa Utte Mungkur Kecamatan Muara, Selasa (21/12/2021). 

Turut mendampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak , Staf Ahli Administrasi dan Umum Donna Situmeang, Kepala Dinas Pertanian Sey Pasaribu,  dan Pimpinan Perangkat Daerah terkait.


Program TJSL PT Inalum (Persero) Bantuan Penanaman Bawang Merah Seluas 1 HA Dalam Rangka Peningkatan Produksi Pertanian Bawang Merah di Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2021


Dalam kesempatan itu Bupati Nikson Nababan memberikan paparannya. Bupati mengucapkan Terima kasih kepada PT. Inalum atas atensi yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara.


"Karena keterbatasan APBD,  stakeholder di negara kita ini harus ada hubungan yang bersinergi mendukung kemajuan masyarakat kita dan kali ini berupa penanaman langsung bibit bawang merah. Di mana pada saat ini Tapanuli Utara masih minus bawang merah," ujar Bupati.

 

Salah satu penghasilan utama Muara tepatnya di Pulau Sibandang adalah mangga, yang terkenal dengan sebutan mangga Muara, kecil tapi manis. 


"Harapan kami kolaborasi CSR dan anggaran Pemerintah untuk tahun depan bagaimana replanting mangga Muara," kata Bupati.


Bupati Taput mengatakan bahwa daerah Muara sudah difokuskan untuk tetap menjadi penghasil bawang merah dan dengan peninjauan langsung oleh Bupati, telah berhasil dibuat penangkaran bawang merah yang bibitnya berasal dari Brebes.

Harapan Bupati ke depan, Tapanuli Utara sudah bisa memproduksi bibit bawang.


"Sekali lagi kami ucapkan terima kasih dan salam hormat kepada Direktur Utama PT. Inalum. Saya senang dan bangga PT. Inalum ada ditengah-tengah masyarakat Tapanuli Utara. Dan kepada Kelompok Tani tambah semangat Bertani, tahun depan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara akan memberikan bibit bawang lagi," ujar Bupati mengakhiri.


Dikesempatan sebelumnya Manager Humas PT. Inalum Arfan Iqbal Harahap menyampaikan sambutan Kepala Departemen Operasi PT Inalum Kusdaryanto BP.


Inalum memiliki tanggung jawab sosial dalam menyalurkan sebagian  keuntungan kepada stakeholder di sekitar Inalum dan memberikan kontribusi seperti bayar pajak.


"Kami menyadari pentingnya bersinergi dengan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah dan pemangku kepentingan yang lain untuk dapat saling memberikan manfaat  bagi daerah maupun perusahaan. Tapanuli Utara yang letaknya di daerah Danau Toba memiliki hubungan erat dengan operasional perusahaan," katanya.


Oleh karena itu, sambungnya, kami mengajak masyarakat Tapanuli Utara untuk turut bersama menjaga naturalisasi pelestarian Danau Toba. 


"Semoga bantuan yang kami berikan bermanfaat untuk Pemerintah dan masyarakat. Besar harapan kami dukungan ini dapat berlanjut selamanya," tuturnya.


Adapun Kelompok Tani yang menerima bantuan adalah Poktan  Dosrohamahita yang diketuai oleh  Dosroha Sianturi. Acara diakhiri dengan menanam bawang merah perdana. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini