Buat Arena Balap Liar, Polda Metro Pertimbangkan 4 Lokasi

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ket Foto : Sambodo Purnomo Yogo. (Instagram TMC Polda Metro)

Mediaapakabar.com
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo mengatakan, pihaknya sudah melakukan pemetaan terkait lokasi yang menjadi arena balap untuk pembalap liar. 

Terdapat setidaknya empat lokasi yang dipertimbangkan, yakni Ancol, BSD, Kemayoran dan PIK 2.


"Banyak sudah ya, diantaranya di Kemayoran, Ancol, ada di BSD, dan kemudian di PIK 2," kata Sambodo kepada wartawan di Polda Metro Jaya, dikutip dari beritasatu.com, Jumat (17/12/2021).


Dikatakan Sambodo, pemetaan keempat lokasi itu akan disesuaikan dengan jenis balapan dan luas arena yang dibutuhkan nantinya.


"Kalau misalnya drag race, berarti kita mesti cari lintasan yang paling tidak 600 meter untuk lurus. 400 meter untuk mereka balapan, dan 200 meter sisanya untuk jarak pengereman," ucapnya.


Sementara, jika nantinya diputuskan jenis balapan berupa road race, Polda Metro Jaya akan mencari arena yang selama ini digunakan untuk road race. Hal tersebut akan diputuskan ketika focus group discussion (FGD) yang akan digelar Polda Metro Jaya bersama sejumlah pihak terkait pada Rabu (22/12/2021) mendatang.


Diketahui, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran berencana membuat arena balapan. Hal tersebut dilakukan sebagai tindak lanjut dari aksi pengendara yang kerap melakukan balap liar di jalanan ibu kota.


"Makanya saya mau buat. Rencana saya, doakan saya mudah-mudahan (terealisasi). Saya akan membuat balapan untuk para pembalap liar," kata Fadil kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Selasa (30/11/2021).


Fadil mengaku mendapatkan sejumlah laporan dan masukan dari masyarakat terkait dengan maraknya aksi balap liar di jalanan.


Dengan adanya arena balap diharapkan dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para pembalap liar agar tidak menimbulkan keresahan di tengah masyarakat. (BC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini