9 Fakta Menarik Timnas Indonesia vs Thailand di Final Piala AFF

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Timnas Indonesia akan tampil menghadapi Thailand dalam final Piala AFF 2020 pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Berikut 9 fakta menarik Indonesia vs Thailand di final Piala AFF.

Mediaapakabar.com
Timnas Indonesia akan tampil menghadapi Thailand dalam final Piala AFF 2020 pada 29 Desember 2021 dan 1 Januari 2022. Berikut 9 fakta menarik Indonesia vs Thailand di final Piala AFF.

Setelah melewati hadangan Kamboja, Laos, Vietnam, Malaysia, dan Singapura, Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF.


Sementara perjuangan Thailand melangkah ke final ditandai dengan kemenangan-kemenangan melawan Timor Leste, Myanmar, Filipina, Singapura, dan Vietnam.


Duel Indonesia vs Thailand merupakan salah satu laga klasik dalam sepak bola Asia Tenggara. Keduanya kerap bertemu di berbagai ajang sejak puluhan tahun silam.


Berikut 9 fakta menarik Timnas Indonesia vs Thailand di final Piala AFF dilansir dari CNNIndonesia.com, Selasa, 28 Desember 2021.


1. Kedua negara sudah tiga kali bersua di final. Thailand selalu tampil sebagai pemenang dan mengisi podium teratas.


Pada 2000, Thailand menang 4-1. Dua tahun berselang adu penalti menjadi penentu Gajah Perang meraih gelar. Pertemuan terakhir di final terjadi pada Piala AFF 2016. Sempat menang 2-1 di leg pertama, Indonesia takluk 0-2 pada leg kedua.


2. Ini merupakan kali keenam tim Merah Putih tampil di final Piala AFF. Indonesia sudah tampil lima kali di final dan selalu menempati peringkat kedua.


Selain tiga kali kalah dari Thailand, Indonesia juga pernah ditekuk Singapura dan Malaysia.


Sementara Thailand sudah delapan kali masuk final dan lima kali menjadi juara. Thailand dua kali dikalahkan Singapura di final dan sekali takluk dari Vietnam.


3. Indonesia memiliki tiga pemain dengan darah keturunan luar negeri, yakni Elkan Baggott, Ryuji Utomo, dan Ezra Walian. Sementara Thailand ada lima pemain berdarah campuran yaitu Philip Roller, Manuel Bihr, Tristan Do, Jonathan Khemdee, Elias Dolah.


4. Timnas Indonesia merupakan kesebelasan paling subur di Piala AFF 2020 dengan mengemas 18 gol. Sementara Thailand hanya menyarangkan 12 gol. Di sisi lain Timnas Indonesia sudah kebobolan tujuh kali dan Thailand baru sekali bobol.

Dalam catatan keseluruhan Piala AFF, sejak 1996 hingga kini, Indonesia merupakan tim paling produktif dengan 175 gol sekaligus tim nomor dua dengan catatan kebobolan terbanyak mencapai 118 gol.


5. Selain 17 gol yang dilesakkan sendiri oleh 10 pemain berbeda di Timnas Indonesia, ada satu gol yang berasal dari bunuh diri pemain lawan yakni ketika Shawal Anuar membuat bola bersarang di gawang Singapura pada leg kedua semifinal.


6. Sejak fase grup hingga semifinal, Timnas Indonesia melakukan 103 pelanggaran dengan hukuman 11 kartu kuning.


Sementara Thailand juga menerima hukuman 11 kartu kuning dan melakukan 83 pelanggaran dalam enam laga dari penyisihan hinnga semifinal.


7. Indonesia sekali melakukan pelanggaran di kotak penalti dan berbuntut tendangan 12 pas bagi lawan, namun gawang Indonesia tak pernah dibobol dari titik putih karena eksekusi Faris Ramli diblok Nadeo Argawinata.


Sebaliknya Indonesia juga sekali mendapat penalti, ketika melawan Laos yang sukses dikonversi menjadi gol oleh Asnawi.


Sementara Thailand mendapat tiga penalti di Piala AFF 2020. Dua diantaranya berbuah gol lewat tendangan Dangda. Sedangkan eksekusi Chanathip Songkrasin gagal membobol gawang Vietnam.


8. Indonesia dan Thailand sama-sama kehilangan satu orang karena akumulasi kartu di final. Kedua pemain tersebut adalah Pratama Arhan dan Theeraton Bunmathan yang memiliki posisi identik sebagai bek kiri.


Andalan masing-masing tim itu menerima masing-masing satu kartu kuning pada leg pertama dan leg kedua semifinal.


9. Indonesia dan Thailand membawa pemain-pemain muda dan senior dalam Piala AFF. Pemain termuda Indonesia adalah Ernando Ari, Ramai Rumakiek, dan Elkan Baggott. Ketiganya masih 19 tahun. Sementara di kubu Thailand ada Jonathan Khemdee. 


Untuk pemain tertua di Timnas Indonesia terdapat Victor Igbonefo yang berusia 37 dan di Thailand ada Siwarak Tedsungnoen dengan usia 36 tahun. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini