199 Kades Dilantik, Bupati Ingatkan Jangan Lagi Ada Pengkotak - Kotakan di Masyarakat

Aris Rinaldi Nasution
Kamis, 23 Desember 2021 - 08:27
kali dibaca
Ket Foto : Sebanyak 199 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kabupaten Tapanuli Utara resmi dilantik oleh Bupati  Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si di Pelataran Salib Kasih Kecamatan Siatas Barita, Rabu (22/12/2021). 

Mediaapakabar.com
Sebanyak 199 Kepala Desa (Kades) terpilih di Kabupaten Tapanuli Utara resmi dilantik oleh Bupati  Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si di Pelataran Salib Kasih Kecamatan Siatas Barita, Rabu (22/12/2021). 

Turut hadir Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Utara Satika Simamora SE, MM, Sekretaris Daerah Drs. Indra S.H Simaremare M.Si, Kapolres Taput AKBP Ronald F. C Sipayung, Dandim 0210/TU Letkol Inf Hari Sandra, Ketua DPRD Taput Ir. Poltak Pakpahan dan Pimpinan Perangkat Daerah Tapanuli Utara.


Pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2021 yang dilaksanakan tanggal 23 November 201 lalu sebanyak 199 Desa dari d 241 desa lima belas Kecamatan meliputi Kecamatan Adian Koting, Garoga, Muara, Pagaran, Pahae Jae, Pahae Julu, Pangaribuan, Parmonangan, Purba Tua, Siatas Barita, Siborongborong, Simangumban, Sipahutar, Sipoholon dan Tarutung.


Di kesempatan itu Bupati Taput menyampaikan arahannya. Bupati mengajak Kepala Desa dan seluruh perangkatnya untuk lebih memahami pelaksanaan tugas di desa termasuk dalam hal pengelolaan segala kegiatan yang ada di desa. 


“Dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan diharapkan agar membuang jauh-jauh setiap perilaku yang dapat menimbulkan keretakan hubungan antar sesama warga masyarakat, agar kepercayaan masyarakat tidak hilang terhadap Pemerintah. Saya himbau para Kepala Desa yang baru dilantik mampu merangkul seluruh warganya, jangan ada lagi pengkotak-kotakan agar Seluruh Elemen Masyarakat Bersinergi Membangun Desa,” ujar Bupati.


Bupati menyampaikan bahwa sesuai dengan Undang-undang nomor 6 tahun 2014 tentang desa bahwa kewenangan pelaksanaan dan penyelenggaraan pemerintah desa Sebagian besar diberikan kepada desa sebagai perwujudan otonomi desa. Berdasarkan hal tersebut Pemerintah Desa memiliki porsi yang besar untuk menentukan arah pembangunan desa, salah satunya adalah program dana desa dan alokasi dan desa.


“Saya berharap agar Kepala Desa dapat bekerja lebih giat dan lebih baik lagi untuk terciptanya kehidupan masyarakat desa yang adil dan Makmur di Kabupaten Tapanuli Utara ini, Mari kita sama-sama bergandengan tangan dengan seluruh masyarakat desa agar apa yang kita cita-citakan, rasa cinta dan bangga terhadap daerah ini harus termanifestasi dalam kerja keras, kreativitas, gotong royong dan sinergi antara Kepala Desa dengan Pemerintah Daerah,” tegas Bupati.


Bupati meminta Pemerintah Desa untuk turut serta mendukung program Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara. 


“Saya berharap kita semua saling mendukung dalam mencapai visi Kabupaten Tapanuli Utara. Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara mengucapkan selamat kepada saudara Kepala Desa yang baru dilantik, semoga Tuhan memberkati dan memberikan kekuatan dan hikmat kepada saudara untuk memimpin desa," pungkasnya. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini