Solusi Jangka Pendek Atasi Banjir di Amplas, Bobby Nasution Perintahkan Bangun Bak Kontrol

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Bobby Nasution turun langsung meninjau lokasi banjir. 

Mediaapakabar.com
Guna mengatasi banjir di Jalan Pertahanan, Gang Saudara, Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas, Wali Kota Medan Bobby Nasution telah meminta Dinas PU berkolaborasi dengan Balai Jalan Provinsi Sumut untuk membangun bak kontrol di bawah Jembatan Fly Over Amplas. 

Pembuatan bak kontrol sebanyak 2 titik ini sebagai solusi jangka pendek dalam mengatasi banjir di wilayah tersebut.


Pembuatan bak kontrol ini dilakukan setelah Bobby Nasution yang turun langsung meninjau lokasi banjir. 


Diketahui bahwa penyebab banjir yang terjadi lingkungan 4,5,6 dan 7 Kelurahan Timbang Deli Amplas akibat daya tampung parit inpres yang tidak memadai ketika menampung debit air hujan dengan intensitas tinggi. 


Artinya jika hujan deras parit inpres tidak mampu mengalirkan air hujan sehingga melimpah menggenangi rumah warga dan jalanan.


Selain itu dari hasil peninjauan yang dilakukan Menantu Presiden Jokowi ini, bukan hanya karena daya tampung parit inpres yang menjadi pemicu banjir di wilayah tersebut, tetapi juga dikarenakan adanya penyumbatan di saluran parit sehingga air lama surut dan membuat warga merasa tidak nyaman.


"Saya sudah perintahkan Dinas PU berkolaborasi dengan Balai Jalan Provinsi Sumut untuk membuat bak kontrol di bawah Jembatan Fly Over Amplas sebagai solusi jangka pendek dalam mengatasi permasalahan banjir di Timbang Deli," kata Bobby Nasution baru - baru ini.


Dengan pembuatan bak kontrol ini Bobby Nasution optimis akan dapat mengatasi banjir dan juga memudahkan dilakukannya proses pembersihan drainase oleh petugas sehingga air tetap lancar mengalir.


Pengerjaan ini akan terus  dikejar agar permasalahan banjir di wilayah timbang Deli segera terselesaikan. Apalagi penanganan banjir merupakan salah satu program prioritas utama yang akan dituntaskan Bobby Nasution.


"Kita optimis pembuatan bak kontrol ini dapat mengatasi banjir. Saya sudah minta agar pengerjaan selesai dalam waktu yang tidak terlalu lama, agar warga kembali merasa nyaman," Jelas Bobby Nasution.


Sedangkan untuk solusi jangka panjang, Bobby Nasution menjelaskan, Pemko Medan akan meningkatkan kapasitas drainase hingga ke Jalan Panglima Denai. Hal ini dilakukan sebagai bentuk perencanaan yang komprehensif dalam menangani permasalahan banjir di Kota Medan, khususnya di sekitar wilayah tersebut.


Perintah Bobby Nasution untuk mengatasi banjir di Timbang Deli Amplas dengan  membuat bak kontrol langsung dilaksanakan Dinas PU Kota Medan. Dijelaskan Plt Kadis PU Ferri Ichsan saat ini sedang dilakukan pengerjaan oleh Balai Jalan Sumut, untuk membuka bak kontrol di dua titik di bawah fly over Amplas.


Di salah satu titik saluran kita lakukan pembobokan atau pembongkaran sebab ada terjadinya penyumbatan di paret inpres. Dengan dibuka dua bak kontrol tersebut kita harapkan dapat dilakukan pemeliharaan.


"Permasalahan di timbang Deli itu parit inpres tidak mampu menampung debit air cukup tinggi. Dengan pembuatan bak kontrol ini sesuai arahan Pak Wali, kita harapkan dapat mengatasi banjir, minimal air yang menggenang tidak terlalu lama, yang biasanya 3 jam baru mengalir, ini dapat 1 jam bahkan lebih singkat lagi," jelas Plt Kadis PU.


Ferri Ichsan menambahkan pihaknya juga telah melakukan normalisasi saluran parit di Jalan Pertahanan dan Panglima Denai agar air dapat mengalir lancar jika debit air tinggi. Hal ini dilakukan sembari dilakukannya pembuatan bak kontrol yang ditargetkan akan selesai di bulan November.


"Saat ini lagi proses pembuatan bak kontrol, kita targetkan dapat selesai dalam waktu dekat maksimal di akhir bulan November ini bak kontrol dapat selesai. Pak Wali Kota juga telah meminta pembuatan bak kontrol siap dalam waktu yang tidak lama," ujarnya. (MC/Arf)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini