Pandemi, Bisnis Otomotif di Kota Medan Mulai Menggeliat

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : New Generation Crossover MPV” yakni NEW XPANDER.

Mediaapakabar.com
Dari sejumlah merek kendaraan bermotor yang telah memaparkan penjualan kendaraannya, semua mengabarkan jika penjualan mengalami kenaikan setelah sempat terpuruk selama masa pandemi Covid-19. Bahkan, penjualan kendaraan bermotor sempat terjungkal di tahun 2020 lalu dan anjlok hingga 95 persen. 

Pengamat Ekonomi Sumut, Gunawan Benjamin mengatakan, di saat pandemi berlangsung, pemerintah membebaskan pajak pembelian kendaraan roda 4 baru dengan tipe tertentu. Bahkan, animo masyarakat untuk memiliki kendaraan dipancing dengan insentif dari pemerintah yang hasilnya mampu membuat masyarakat kembali berminat membeli kendaraan khususnya roda 4.


"Kini di Sumut, Covid-19 mulai terkendali, daya beli masyarakat juga membaik seiring membaiknya harga komoditas dan masyarakat mulai mempertimbangkan memiliki kendaraan pribadi dibandingkan kendaraan umum untuk mencegah penularan, hingga perbaikan infrastruktur menjadi pemicu animo masyarakat menguat kembali," katanya di Medan, Rabu (17/11/2021). 


Gunawan menjelaskan, sudah semestinya penjualan kendaraan bergeliat. Maka itu, masyarakat tidak lagi mengandalkan insentif dari pemerintah saja. Tetapi, keyakinan akan pemulihan daya beli di masa yang akan datang juga menjadi tolak ukurnya.  Jika persepsi masyarakat saat ini terhadap kondisi ekonomi kedepan bisa dipertahankan dengan tren pemulihan yang baik.


"Maka, masyarakat yang percaya diri bahwa kedepan pendapatan mereka bisa pulih, akan mudah digiring keinginannya untuk membeli kendaraan bermotor. Jadi yang penting saat ini persepsi atau keyakinan masyarakat terkait dengan kondisi ekonomi kedepan. Terlepas apakah mereka memiliki uang yang cukup atau tidak untuk membeli kendaran saat ini," jelasnya. 


Terkait mulai membaiknya perekonomian, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) yakni distributor resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi di Indonesia  dari Mitsubishi Motors Corporation (MMC), melanjutkan perkenalan edisi terbaru ”New Generation Crossover MPV” yakni NEW XPANDER dan NEW XPANDER CROSS. 


Direktur Sales & Marketing Division PT MMKSI, Tetsuhiro Tsuchida mengungkapkan,  model ini hadir lebih gagah dan lebih mewah yang siap menjadi partner dalam menghadapi petualangan hidup. Semua keunggulan tersebut tentunya ingin dibagikan kepada konsumen di berbagai kota di Indonesia khususnya di Medan.


"Setelah diluncurkan secara virtual pada tanggal 8 November lalu, New Xpander yang mengusung tagline “Be the Life Xpander” diperkenalkan pula kepada publik secara langsung di ajang GAIKINDO Indonesia International Motor Show 2021," ungkapnya. 


Kemudian secara simultan, perkenalan New Xpander dan New Xpander Cross akan berlanjut ke kota Medan yang dilaksanakan pada tanggal 25 – 28 November 2021 mendatang.


“Untuk mengakomodir hal tersebut, kami menghadirkan kegiatan berskala lokal dan berharap konsumen dapat merasakan impresi positif dari produk kami secara langsung,” ujarnya.


Sebagai partner petualangan hidup NEW XPANDER hadir dengan beragam pengembangan dan penyempurnaan, menjadi sebuah “New Generation Crossover MPV” yang hadir lebih mewah dengan balutan kesan tangguh sekaligus modern. 


"Dilengkapi dengan fitur dan teknologi mutakhir, yang menunjang performa keseruan, kenyamanan, serta keselamatan berkendara baik untuk pengendara dan juga penumpang," katanya. 


Diakuinya, NEW XPANDER hadir dengan desain baru pada sisi eksterior dengan bahasa desain “Dynamic Shield” khas Mitsubishi Motors telah mendapatkan penyegaran sehingga tampil lebih gagah, modern dan mewah, yang meningkatkan karakteristik SUV yang lebih aktif. 


"Kemudian ada kemewahan dan kenyamanan pada sisi interior dengan kabin berkualitas tinggi, ruang interior yang luas dengan total 19 ruang penyimpanan, serta pilihan konfigurasi kursi terbaik di kelasnya, memberikan kemudahan dan utilitas maksimal," tuturnya. 


NEW XPANDER dilengkapi dengan sistem keselamatan yang unggul, yaitu: Dual SRS Airbags, struktur RISE body, Seatbelt dengan ELR 3 titikdan ISO-FIX child seating fixing bar, New Speed Sensitive Automatic Door Lock2, New Electric Parking Brake with Brake Auto Hold4, ASC, ABS-EBD dengan BA, ESS, Hill Start Assist (ASC, BA dan HSA, dilengkapi mulai dari varian GLS hingga Ultimate CVT). 


"Sementara itu, Mitsubishi NEW XPANDER CROSS hadir dalam 3 (tiga) varian: Xpander Cross Premium Package CVT, Xpander Cross CVT, dan Xpander Cross MT. Dengan 5 pilihan warna, yakni: Quartz White Pearl, warna baru Blade Silver Metallic, Jet Black Mica, Graphite Gray Metallic, dan Sunrise Orange. Seluruh varian Xpander Cross hadir dengan warna interior Black and Navy," tambahnya. 


Lebih lanjut, Assistant President Director Sardana Group, Tommy Katio menambahkan, dengan hadirnya New XPander ini menjadi peluang besar penjualan di Sumut, khususnya Kota Medan. Medan merupakan salah satu pasar strategis dengan kontribusinya yang besar. 


"Market sharenya saja sudah mencapai 35 persen dan pencapaian ini sudah melebihi secara nasional yang hanya 30 persen. Maka itu, kami akan terus menjaga dan meningkatkan kualitas serta pelayanan yang baik bagi konsumen," tambahnya. (IK

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini