Jokowi Ajukan KSAD Andika Perkasa Jadi Calon Tunggal Panglima TNI

REDAKSI
Rabu, 03 November 2021 - 15:17
kali dibaca
Ket Foto : KSAD Andika Perkasa menjadi calon tunggal Panglima TNI.

Mediaapakabar.com
DPR menerima Surat Presiden (Surpres) mengenai pencalonan KSAD Jenderal Andika Perkasa sebagai calon tunggal Panglima TNI. Surpres dari Jokowi itu sendiri diserahkan ke DPR oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Presiden usulkan satu nama untuk mendapat persetujuan. Karena itu Pak Mensesneg, Presiden menyampaikan Surpres mengenai usulan calon Panglima atas nama Jenderal Andika Perkasa," ujar Ketua DPR Puan Maharani, di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Rabu, 3 November 2021.


Setelah mendapat usulan nama itu, pihaknya akan memproses lewat uji kepatutan dan kelayakan atau fit and proper test di Komisi I DPR.


"Komisi I akan melakukan fit and proper test terhadap calon," lanjutnya. 


Berdasarkan UU TNI, pencalonan Panglima TNI dimulai dari pengajuan nama dari Presiden ke DPR. Parlemen kemudian akan memprosesnya melalui uji kepatutan dan kelayakan, yang sejauh ini belum riwayat penolakan.


DPR kemudian akan mengesahkannya di rapat paripurna, untuk kemudian dilantik oleh Presiden.


Jika disetujui sebagai calon Panglima TNI, Andika akan menggantikan Hadi Tjahjanto yang bakal menginjak usai pensiun, yakni 58 tahun, pada 8 November 2021.


Sebelumnya, pencalonan Panglima TNI sempat diramaikan oleh nama Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana Yudo Margono, selain nama Andika. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini