UMSU Terima Izin Pembukaan Program S3 Hukum

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof Dr H Agussani MAP menerima izin pembukaan Program Studi (Prodi) Strata 3 Hukum dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut Prof H Ibnu Hajar Damanik MSi, Senin (4/10/2021).

Mediaapakabar.com
Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof Dr H Agussani MAP menerima izin pembukaan Program Studi (Prodi) Strata 3 Hukum dari Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Sumut Prof H Ibnu Hajar Damanik MSi, Senin (4/10/2021).

Izin ini tertuang dalam Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 416/E/O/2021. 


Prodi S3 Hukum ini merupakan program doktor pertama di UMSU yang merupakan perguruan tinggi yang memiliki akreditasi institusi A tersebut.


Penyerahan izin S3 Hukum UMSU di ruang Kepala LLDikti Sumut yang turut disaksikan Wakil Rektor II, Dr. Akrim, MPd dan WR III, Dr. Rudianto, MSi berlangsung penuh kekeluargaan. Turut hadir dalam pertemuan tersebut Yuris Danilwan PhD dari LLDikti Sumut.


Kepala LLDikti Sumut yang pernah menjadi Rektor Universitas Negeri Medan (Unimed) Prof. Dr. H Ibnu Hajar Damanik MSi menaruh harapan besar terhadap UMSU. Ia pun yakin akan ada sejumlah Prodi S3 lain yang akan dibuka di Kampus UMSU.


Ibnu Hajar Damanik menegaskan pembukaan program doktor UMSU merupakan suatu lompatan besar. Prodi baru ini juga sebagai motor untuk menyiapkan sumber daya manusia dibidang hukum sehingga dapat menjadi referensi bagi mahasiswa S2 untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.


Kepala LLDikti Sumut juga meminta kedepannya banyak pemikiran, kajian, filosofi dan kebijakan yang diberikan S3 Hukum UMSU. 


''Kita berharap akan muncul gagasan-gagasan yang berhubungan dengan hukum yang bisa dilaksanakan dan diaplikasikan di pemerintahan,'' katanya.


Guru Besar Unimed ini mengutarakan program doktor S3 pada perguruan tinggi adalah sesuatu yang elit karena menghasilkan komunitas yang mengarah kepada kebijakan. Bukan hanya praktik.


Rektor UMSU Prof Dr H Agussani MAP berucap syukur atas kepercayaan pemerintah melalui Kementerian Dikbud Ristek kepada UMSU untuk membuka S3 Hukum.


''Sebagai perguruan tinggi dengan institusi A dan telah memiliki 15  Prodi S1 dan S2, terakreditasi A, serta akreditasi unggul, Alhamdulillah kita kini sudah membuka S3,'' imbuh rektor.


Agussani berharap Prodi S3 di UMSU akan membawa peningkatan kualitas SDM di Sumut terutama di bidang hukum. 


''Kita menjadi mitra menyiapkan SDM berkualitas dibidang hukum. Kedepan UMSU berencana membuka S3 Ilmu Pendidikan dan S3 Pertanian. Kemudian S2 Pendidikan Agama Islam dan S2 Biomedis. Mohon dukungan dan doa masyarakat Sumut beserta civitas akademika UMSU,'' ujar rektor. (MC/Red)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini