Stok Darah Menipis, Rutan Kelas I Tanjung Gusta Medan Gelar Donor Darah Bersama PMI

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca

Ket Foto : Karutan Kelas I Tanjung Gusta Medan, Theo Adrianus Purba saat mendonorkan darah.


Mediaapakabar.com
- Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Medan menyatakan stok donor darah menipis mengingat masa pandemi Covid-19 yang terjadi beberapa tahun ini menyebabkan banyak orang yang enggan untuk mendonorkan darahnya.

Menindaklanjuti hal itu, demi mengwujudkan kepedulian sosial, Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Kelas IA Tanjung Gusta Medan, Theo Adrianus Purba melakukan koordinasi dengan PMI dan menggelar donor darah di Aula Serbaguna Rutan Kelas I Medan, Kamis, 07 Oktober 2021.

"Terhadap stok darah yang sangat minim pada PMI Kota Medan, jajaran Rutan Kelas I Medan, Kanwil Kemenkumham Sumut siap untuk mengisi kekosongan stok darah yang dapat dipergunakan untuk kebutuhan masyarakat," kata Karutan Tanjung Gusta Medan, Theo Adrianus Purba ketika dikonfirmasi wartawan, Jumat, 08 Oktober 2021.

Selain itu, kata Theo, kegiatan bakti sosial (baksos) donor menggelar donor darah tersebut dalam rangka memperingatan hari Dharma Karyadhika Tahun 2021. 

"Kegiatan donor darah yang diawali dengan kegiatan pendaftaran, pengukuran tensi tubuh dan skrining darah yang menentukan HB darah tinggi atau rendah serta golongan darah. Selanjutnya pendonor yang dinyatakan layak untuk mendonorkan darahnya maka akan dilakukan transfusi darah," ujar mantan Karutan Kabanjahe ini.

Theo menyatakan siap mendukung penuh kegiatan kemanusiaan khususnya kegiatan donor darah yang akan rutin dilaksanakan di Rutan Kelas I Medan dan dijadwalkan pada  Januari 2022 mendatang. Rutan Kelas I Medan akan kembali melaksanakan donor darah secara rutin setiap 3 bulan sekali.

"Semoga donor darah dari Rutan Keas I Medan dapat mengisi kekosongan stok darah pada Palang Merah Indonesia Kota Medan dan dipergunakan oleh masyarakat," pungkasnya. (MC/DAF)
Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini