Sopir Truk di Kanada Aman dari Pungli dan Profesi yang Cukup Dihargai

REDAKSI
Minggu, 24 Oktober 2021 - 20:05
kali dibaca

Ket Foto : Kisah orang Indonesia jadi sopir truk di Kanada. (detikcom)


Mediaapakabar.com
- Sopir truk menjadi salah satu profesi yang cukup dihargai di Kanada. Selain gaji besar yang ditawarkan, para sopir truk di Kanada bisa bekerja dengan nyaman karena tidak adanya pungli (pungutan liar).

Seperti dijelaskan Bagus Ananda Putra, yang sudah 9 tahun berprofesi sebagai sopir truk di Kanada, mengatakan bahwa ada perbedaan yang cukup signifikan antara sopir truk di Indonesia, dengan sopir truk di Kanada.


"Ini kita bukan menjelekkan ya, tapi sekadar membandingkan saja. Satu hal yang pasti di Kanada adalah nggak ada (truk) yang oleng-oleng di sini," kata Bagus dilansir dari detikcom, Minggu, 24 Oktober 2021.


"Sopir truk di Kanada itu bertugas di jalan untuk memindahkan barang dari point A ke point B. Tapi kalau sopir truk di Indonesia, kadang di jalan supaya bisa oleng, bunyiin klakson, dan sebagainya," tambah Bagus.


Di samping itu, menurut Bagus para sopir truk di Kanada bisa melakukan pekerjaannya dengan aman dan tentram tanpa harus khawatir kena pungutan liar (pungli) selama perjalanan, baik dari oknum lokal maupun oknum aparat.


"Di sini kita sebagai sopir truk aman, tidak ada pungli. Betul-betul kita berjalan di atas aturan yang disediakan atau diberlakukan," jelas Bagus.


"Kalau di Indonesia kan, aparat masih kendur juga kan (soal aturan). Kalau di sini (Kanada), kalau kita (sopir truk) salah ya bisa ditangkap, jika kita benar ya bisa kita lawan di pengadilan," katanya lagi.


"Umumnya di sini, kalau labour (pekerja) kasar kayak kita, seperti sopir truk, atau pembuat jalan, itu kebanyakan lebih dihargai dari orang yang kerjanya berdasi," tandasnya. (DTC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini