Pemda Taput Salurkan Bantuan Atensi Balai Melati Jakarta Kepada 180 Penyandang Disabilitas

REDAKSI
Selasa, 26 Oktober 2021 - 21:36
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Parsaoran Hutagalung menerima dan menyalurkan bantuan Alat Bantu Dengar (ABD) dan ATENSI Kewirausahaan Pertanian Balai Melati Jakarta bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Selasa (26/10/2021).

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Drs. Parsaoran Hutagalung menerima dan menyalurkan bantuan Alat Bantu Dengar (ABD) dan ATENSI Kewirausahaan Pertanian Balai Melati Jakarta bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Tapanuli Utara, Selasa (26/10/2021).

Didampingi bersama Ibu Ketua TP PKK Taput Ny. Satika Nikson Nababan dan Kadis Sosial Drs. Rahman Situmeang, bantuan tersebut diserahkan kepada para penyandang disabilitas sensorik rungu wicara. 


Dalam kesempatan itu, Bupati Taput memberikan mengucapkan terima kasih banyak kepada Menteri Sosial Ibu Risma atas perhatian serta bantuannya dan kami juga berharap bantuan tahap berikutnya dapat terealisasi dalam waktu dekat.


"Harapan saya, bantuan yang diberikan saat ini dimanfaatkan se-optimalkan mungkin dan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama yang berkebutuhan khusus," ujar Bupati.


Usai sambutannya, Bupati menyerahkan bantuan tersebut secara simbolis. 


Di kesempatan tersebut Ketua TP PKK Taput turut hadir, Pemerintahan pusat dan daerah harus bekerjasama. Saya sangat konsen menangani disabilitas dan kanker dan saudara kita yang kurang mampu, saya tidak bisa sendiri kalau tidak ada kerjasama dengan OPD dan Pemerintah pusat," ujar Nyonya Satika Nikson.


Dalam kesempatan sebelumnya, Kadis Sosial Drs. Rahman Situmeang menjelaskan bahwa bantuan yang diterima saat ini masing-masing berisi 100 alat bantu dengar senilai Rp. 200juta dan 80 atensi bantuan kewirausahaan pertanian antara lain Pupuk, Cangkul,  Beko dan Hand Sprayer  senilai Rp. 192 juta. Dengan total besaran bantuan senilai Rp. 392.000.000


"Bantuan ini dapat kita terima saat ini dari Kementerian Sosial melalui Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara 'Melati' Jakarta serta koordinasi yang baik antara Dinas Sosial Pemkab Taput dengan Balai Melati setelah melaksanakan asesmen bersama di 15 Kecamatan di Kabupaten Tapanuli Utara," ujar Rahman.


Dikesempat itu, Kepala Balai Melati Jakarta Romal Uli Sinaga menyatakan siap mendukung program Bupati Taput dalam peningkatan kesejahteraan dan berharap agar sinergitas antara pemerintah pusat dan daerah tetap berjalan baik.


"Semoga bantuan ini bermanfaat di masyarakat, bisa meningkatkan kesejahteraan. Kami berharap Bantuan ini dimanfaatkan sebaik mungkin. Kami juga mohon ijin bantuan ini dimonitoring tingkatan teknisnya. Bila berjalan baik akan dilanjutkan lagi pemberian bantuan berikutnya, tidak putus sampai disini. Kami juga sangat mengharapkan bantuan ini bisa meningkatkan kesejahteraan pertanian di Taput. Salam dari ibu Risma untuk Bupati dan masyarakat Taput, Kemensos akan selalu hadir ditengah kita semua," ujar Romal mengakhiri.


Acara ditutup dengan pengumuman yang disampaikan oleh Kadis bahwa sebanyak 20 orang penyandang Disabilitas Sensorik Rungu Wicara akan diberangkatkan oleh Kabupaten Tapanuli Utara tanpa biaya untuk Pelatihan Keterampilan di Balai Melati Jakarta selama dua bulan demi untuk masa depan. Pelatihan tersebut antara lain Barista, Tata Boga, Komputer dan Desain Graphis. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini