Kucurkan Rp1,23 Miliar, UMSU Komitmen Kembangkan Penelitian dan Pengabdian

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berkomitmen mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengucurkan dana insentif sebesar Rp1.239.521.000.

Mediaapakabar.com
Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) berkomitmen mengembangkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan mengucurkan dana insentif sebesar Rp1.239.521.000.

Demikian disampaikan Rektor UMSU, Prof. Dr. Agussani, M.AP pada launching penyerahan insentif batch II kepada 253 dosen di secara virtual, Senin (11/10/2021).


Tampak hadir mendampingi Wakil Rektor I, Prof. Dr. Muhammad Arifin, MHum, Wakil Rektor III, Dr Rudianto, M.Si, dan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM), Syaiful Saragih, MSc. Rektor menegaskan, dalam rangka menopang Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam bidang penelitian dan pengabdian masyarakat.


UMSU berkomitmen terus meningkatkan penelitian, dan pengabdian masyarakat tidak hanya dalam kegiatan aktivitas, tetapi juga memberikan apresiasi dan insentif pada dosen. 


Program ini sudah berjalan 5 tahun, dan sejalan dengan situasi dan perkembangan, sebelumnya tidak ada korelasi, tetapi saat ini sudah memberikan sumbangsih dan memberikan pengaruh terhadap kualitas fakultas, universitas dan kedudukan pada pemeringkatan. 


Rektor berpesan kepada LPPM UMSU, agar terus berkreasi dan berinovasi, dan berkolaborasi dengan baik. Seperti menjalin kerja sama dan mengikuti berbagai program penelitian dan pengabdian masyarakat, serta mengembangkan riset center di fakultas. 


“Riset center harus didengungkan, fakultas harus proaktif dan welcome, jangan lagi berpikir, seolah-olah LP2M tidak menjadi bagian dari kita. Ini perlu support dan saling mendukung. Saya sangat mendukung apa yang digagas LP2M untuk melakukan tugas-tugas dalam rangka jemput bola, dan saling menghargai posisi, mindset seperti ini sudah dibangun, dan bagaimana saling berkolaborasi ditingkatkan,” katanya. 


Meningkat Kualitas dan Kuantitas 

Ketua LPPM UMSU, Syaiful Amri Saragih mengatakan, LPPM akan mendampingi dosen dalam menghasilkan publikasi yang berkualitas dari segi isi dan tentunya luarannya terbit di jurnal internasional bereputasi sampai Q1.


“Ada peningkatan yang cukup signifikan pada pengajuan insentif jurnal scopus, yang menandakan semangat dosen dalam menghasilkan artikel scopus juga meningkat”, tambah Syaiful. 


Syaiful juga menambahkan bahwa LPPM akan terus meningkatkan profesionalitas dalam memeriksa dokumen insentif dan terus mengawal terbitnya artikel-artikel yang berkualitas. Tidak hanya luaran, LPPM juga akan terus mendampingi dalam peningkatan sitasi. (MC/Red)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini