Keluar dari Hanura, Gede Pasek Suardika Jadi Ketum Partai Kebangkitan Nusantara

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Usai hengkang dari Partai Hanura, politikus Gede Pasek Suardika kini bergabung ke Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Tak tanggung-tanggung, Pasek duduk sebagai ketua umum partai yang didirikan para loyalis mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

Mediaapakabar.com
Usai hengkang dari Partai Hanura, politikus Gede Pasek Suardika kini bergabung ke Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). Tak tanggung-tanggung, Pasek duduk sebagai ketua umum partai yang didirikan para loyalis mantan Ketua Umum Partai Demokrat, Anas Urbaningrum.

“Iya. Ada tantangan baru dan sekaligus juga agar ide dan program politik yang diperjuangkan bisa berjalan dengan maksimal,” kata Gede Pasek menjawab alasannya merintis partai baru ini dilansir dari tempo.co, Sabtu, 30 Oktober 2021.


Gede Pasek mengaku mendapatkan dukungan dari rekan-rekannya di PKN untuk merintis partai dari nol, ketimbang bergabung dengan partai lain. “Ya setelah dipikirkan akhirnya saya ikuti keinginan teman-teman tersebut,” ujarnya.


Inisiator PKN, Sri Mulyono, mengungkapkan sudah meminta Gede Pasek keluar dari Hanura karena seringnya ide dan gagasan politiknya dihambat sehingga tidak maksimal. Namun, kata Sri Mulyono, Gede Pasek saat itu menyatakan tidak enak meninggalkan Hanura karena sudah kadung punya jalinan erat dengan banyak kader di daerah.


Sekretaris Jenderal Pimpinan Nasional PKN ini menyayangkan kemampuan dan pemikiran Gede Pasek yang mumpuni di bidang politik namun tidak diberikan ruang berkreativitas. Akhirnya, kata, dia, dengan pertimbangan kalkulasi waktu dan kesiapan penataan partai, Gede Pasek bersedia.


"Begitu bersedia, GPS (Gede Pasek Suardika) meminta ide gagasan politik kebangsaan yang diimpikan bisa dijadikan tulang punggung perjuangan, maka lahirlah Partai Kebangkitan Nusantara," kata Sri Mulyono.


Menurut Sri Mulyono, para aktivis dan mantan anggota DPR dari Fraksi Partai Demokrat berkumpul menyiapkan prosesnya. Kini, partai tersebut telah menyelesaikan struktur pusat dan mulai menyiapkan embrio di daerah. Bahkan sekretariat partai ini juga memilih homebase di kawasan Menteng, Jakarta. 


Partai Kebangkitan Nusantara yang resmi dipimpin Gede Pasek Suardika ini menargetkan pembentukan struktur di 34 provinsi dan pimpinan cabang di tingkat kabupaten/kota akan selesai pada Desember. (TC/MC)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini