Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi Berdoa di Sumur Lubang Buaya

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Presiden Joko Widodo memanjatkan doa di depan sumur di Lubang Buaya, Jakarta Timur, setelah memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021.

Mediaapakabar.comPresiden Joko Widodo memanjatkan doa di depan sumur di Lubang Buaya, Jakarta Timur, setelah memimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2021.

Sumur lubang buaya adalah situs sejarah tempat sejumlah pahlawan revolusi ditemukan dalam tak bernyawa setelah diculik oleh gerakan 30 September 1965.


Jokowi didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam kesempatan itu. Ibu Negara Iriana dan Ibu Wury Estu Handayani turut serta dalam momen tersebut.


Di depan sumur, Jokowi dan Ma'ruf menundukkan kepala. Mereka mengangkat tangan seraya memanjat doa.


Setelah itu, keduanya sempat berbincang mengenai sumur tersebut. Kemudian, Jokowi dan Ma'ruf meninggalkan Lubang Buaya diiringi lagu Gugur Bunga dan Garuda Pancasila.


Dalam Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Jokowi berperan sebagai Inspektur Upacara. Teks Pancasila dibacakan oleh Ketua DPD La Nyalla Mattalitti.


Ketua MPR Bambang Soesatyo berperan membacakan teks Pembukaan UUD 1945. Adapun Ketua DPR Puan Maharani membaca ikrar, teks kenegaraan yang hanya dibacakan pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila.


Upacara digelar terbatas karena pandemi Covid-19. Hanya beberapa pejabat negara yang turut hadir. Beberapa di antaranya adalah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas serta Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini