Harga Cabai Merah di Pasar Tradisional Medan Turun, Bawang Putih Mulai Naik

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Salah satu pedagang di Pusat Pasar Medan sedang menjajakan dagangannya. Pasalnya, harga cabai merah mengalami penurunan dari Rp36.000/kilogram menjadi Rp28.000/kilogram.

Mediaapakabar.com
Harga komoditas cabai merah di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan mulai mengalami penurunan. Hal ini disebabkan stok dari Pulau Jawa serta dari daerah sentra sudah mulai membanjiri kota-kota besar di Sumatera Utara (Sumut). Namun untuk harga komoditas bawang putih mulai beranjak naik.

Pantauan mediaapakabar.com di Pusat Pasar Medan menunjukkan harga cabai merah sudah di harga Rp28.000 /kilogram dari sebelumnya Rp36.000 /kilogram. Harga ini sudah terjadi sejak 3 hari belakangan ini.


Salah satu pedagang di pasar tersebut, Mak Laris mengatakan, pasokan stok sudah mulai banyak. 


"Seperti cabai kotak dari Pulau Jawa sudah masuk kembali. Kemarin itu kosong jadi cabai merah lokal atau cabai gunung naik. Bahkan sempat seharga Rp40.000 /kilogram.Namun, hari ini sudah di harga Rp28.000 /kilogram dan cabai kotak dijual Rp25.000 /kilogram," katanya, Jumat (8/10/2021).


Sementara itu, untuk harga komoditas lainnya seperti harga cabai hijau ada di harga Rp24.000 /kilogram. Harga bawang merah juga normal Rp24.000 /kilogram. Bawang bombay Rp18.000 /kilogram. 


"Cabai rawit hijau juga naik jadi Rp30.000 /kilogram biasanya Rp25.000 /kilogram. Begitu juga dengan cabai rawit caplak Rp40.000 /kilogram sebelumnya Rp35.000 /kilogram. Sedangkan harga tomat masih sama Rp10.000 /kilogram belum ada penurunan," ujarnya. 


Berbeda dengan harga cabai merah yang mulai turun, harga komoditas bawang putih mulai naik. Sebelumnya harga bawang putih ada pada harga Rp22.000 /kilogram namun kini dijual Rp26.000 /kilogram. 


"Belum tahu penyebabnya kenapa naik. Kita ambil dari agen sudah naik jadi naiklah harganya kita buat," ungkapnya. 


Terpisah, di Pasar Petisah Medan pengakuan yang sama dikatakan oleh  M Pasaribu salah satu pedagang cabai merah di sana. Harga cabai merah mulai turun menjadi Rp30.000 /kilogram sebelumnya ia jual seharga Rp36.000 /kilogram.


"Naik seminggu lalu kan, tapi hari ini sudah turun karena sudah banyak masuk stok dari luar salah satunya dari Pulau Jawa," sebut M Pasaribu


Saat ditanyakan apakah harga bawang putih juga naik. Ia mengatakan sepekan lalu harga bawang putih memang sudah menunjukkan kenaikan. 


"Hari ini kita jual Rp28.000 /kilogram untuk kualitas yang super. Bisa saja nanti ini naik lagi kalau stoknya terbatas. Namun saat ini stok masih gampang didapatkan," terangnya. 


Terpisah, data dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumut analisa rata-rata harga kebutuhan pokok di sejumlah pasar tradisional menunjukkan penurunan harga pada komoditas cabai merah yakni ada sekitar 3,2 persen. Hal ini karena pasokan yang sudah masuk ke Kota Medan dan kota lainnya. (IK)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini