Duta Finalis Putri Otonomi Daerah 2021 Berkunjung ke Kabupaten Taput

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Duta Finalis Putri Otonomi Daerah 2021 Berkunjung ke Kabupaten Taput.

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Nikson Nababan diwakili Kadis Pariwisata Yulius Caesar Hutauruk bersama Ketua TP PKK Kabupaten Tapanuli Utara Ny. Satika Nikson Simamora dan Wakil Ketua TP PKK Ny. Marsaulina Sarlandy Lumbantobing didampingi Pimpinan Perangkat Daerah Taput terkait menyambut kunjungan Putri Otonomi Daerah (POD)  2021 ke Tapanuli Utara bertempat di Bhinneka Resto Kecamatan Sipoholon, Minggu (24/10/2021).

Para finalis adalah para putri terbaik yang menjadi duta daerahnya masing-masing, yang dipilih melalui ajang pemilihan Putri Otonomi Daerah, sebagai salah satu rangkaian kegiatan APKASI Otonomi Expo 2021.


Putri Otonomi Daerah ini berkunjung ke Taput dalam rangka melihat secara langsung potensi wisata dan budaya yang ada di Taput serta turut mempromosikan potensi wisata, produk UMKM dan hasil pertanian yang ada di Kabupaten Tapanuli Utara


Kadis Pariwisata Yulius  Caesar Hutauruk dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi kehadiran para Finalis POD 2021.


“Silahkan mengenal dan melihat secara langsung adat istiadat dan kearifan lokal daerah kami. Warisan budaya dan potensi alam yang  ada di Tapanuli Utara mohon untuk dipromosikan ke banyak pihak agar kunjungan wisata bisa meningkat,” ujar YC Hutauruk dalam sambutannya.


Ketua TP PKK Ny. Satika Nikson Simamora memberikan sambutan setelah jamuan makan siang bersama Finalis POD dan rombongan.


"Selamat datang di Kabupaten Tapanuli Utara. Suatu kehormatan Taput menjadi salah satu daerah otonomi yang menjadi pilihan untuk dikunjungi POD yang cantik-cantik dan pintar. Selama kurang lebih tiga hari di Taput kita akan berjalan bersama menyaksikan keindahan alam dan perkembangan pembangunan serta hasil karya masyarakat Taput di Galeri UMKM,” ujar Satika Nikson mengawali sambutannya.


"Bapak Bupati dan ibu punya harapan yang sama. Di masa pandemi ini ada banyak hal yang harus kita bantu untuk masyarakat. Rancangan Tuhan luar biasa untuk adek-adek POD menjadi Icon dari daerah kalian masing-masing termasuk juga Icon dari APKASI, ibu sangat mengharapkan ajang ini harus bisa dimanfaatkan untuk memberi efek yang sangat besar untuk masyarakat. Karena adik sekalian sudah tiba di Taput ibu harap jangan tanggung-tanggung, kita benar-benar eksplor, melihat apa yang berpotensi untuk dikembangkan di wilayah Taput ini dan kami juga senang dengan masukan yang diberikan. Selama 7 tahun Bupati Nikson memimpin Taput, sudah banyak telah dikerjakan. Saat ini yang juga sedang diperjuangkan oleh Bapak Bupati Nikson adalah berdirinya Universitas Negeri Umum di Kabupaten tercinta ini, demi untuk mewujudkan visi “ Tapanuli Utara sebagai Lumbung Pangan dan Lumbung Sumber Daya Manusia yang Berkualitas serta Daerah Tujuan Wisata”. Kami berharap kedatangan POD bisa membantu mempercepat program-program yang belum terealisasi. Harapan ibu, adik-adik POD tetap semangat dan jangan lelah,” ujar Satika Nikson mengakhiri sambutannya.


Kelima finalis tersebut adalah, Devi Purnama Sari dari Kabupaten Bogor, Jelita Gabriela dari Kabupaten Musi Banyuasin, Mega Diana Zam Zam dari Kabupaten Tenggamus, Eliza Permata Sary dari Kabupaten Dharmasraya, dan Angela Putri Artita dari Kabupaten Berau. Dan ikut serta dalam rombongan Putri Otonomi Daerah Tahun 2019.


Mega Diana Zam Zam mewakili kontestan, merasa terharu dengan sambutan yang diberikan dari Pemkab Taput dan Ketua TP PKK Taput Satika Simamora, melebihi dari apa yang mereka harapkan. Dan berjanji akan memberitakan pengalaman mereka selama kunjungan, bersama teman-teman Putri lainnya


Semoga para finalis POD bisa membawa amanah pengembangan otonomi di daerah dengan mengedepankan kearifan lokal.


Dalam kesempatan tersebut Ketua TP PKK Taput bersama wakil memberikan cinderamata berupa Jaket berbahan ulos hasil karya UMKM Taput kepada para POD dan setelah acara tersebut dilanjutkan dengan  istirahat, lalu jalan sore di sekitar pinggir sungai Aek Sigeaon dan kemudian menikmati wisata alam pemandian air panas yang luar biasa indah dan juga icon wisata Taput di kecamatan Sipoholon. (MC/DN)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini