Bupati Serahkan Beasiswa Kepada Mahasiswa-Mahasiswi yang Berprestasi

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan M.Si melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak bersama Kabag Perekonomian menyerahkan  beasiswa kepada mahasiswa/i berprestasi dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dari Kecamatan Pahae Jae dan Kecamatan Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara.

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara (Taput) Drs. Nikson Nababan M.Si melalui Asisten Perekonomian dan Pembangunan Marihot Simanjuntak bersama Kabag Perekonomian menyerahkan  beasiswa kepada mahasiswa/i berprestasi dari Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dari Kecamatan Pahae Jae dan Kecamatan Pahae Julu Kabupaten Tapanuli Utara.

Pemberian beasiswa tersebut yang dananya bersumber dari Corporate Social Responsibility (CSR) SOL. 


Turut  mendampingi Manager SOL Melva Samosir, Camat Pahae Jae dan Camat Pahae Julu dan beberapa orang tua dari mahasiswa penerima beasiswa, bertempat di Sopo Rakyat Rumah Dinas Bupati, Kamis (06/10/2021).


Penyerahan beasiswa kepada 78 mahasiswa/i dari keluarga yang tidak mampu, berasal dari 25 desa di sekitar proyek SOL dari dua kecamatan yaitu Pahae Jae dan Pahae Julu untuk tahun 2021/2022. 


Program beasiswa SOL dibidang Pendidikan. Beasiswa diberikan untuk tingkat pendidikan Diploma dan Sarjana/ sederajat sebagai salah satu upaya untuk membantu anak-anak masyarakat yang berprestasi.  


Syarat yang diberlakukan kepada pelamar beasiswa antara lain aktif kuliah maksimal semester 7, ayah atau ibu bukan ASN, BUMN, TNI, POLRI, Karyawan SOL dan memiliki IPK > 3.00 untuk PTN dan  >3.50 untuk PTS. 


Program beasiswa SOL sudah dilakukan sejak Agustus 2018 dengan total anak yang sudah mendapatkan beasiswa sampai dengan Tahun 2021 adalah sebanyak 106 orang. Besarnya beasiswa yang diberikan adalah Rp3 juta per tahun yakni (Jul – Des 2021 & Jan –Jun 2022) yang ditransfer langsung ke rekening penerima beasiswa. 


Program, beasiswa ini diharapkan dapat memotivasi para mahasiswa/i dan anak-anak sekolah untuk semakin bergiat belajar dan berprestasi demi cita-cita dan masa depan gemilang.


"Visi Pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara adalah sebagai Lumbung Pangan, Lumbung Sumber Daya Manusia yang berkualitas serta Daerah Tujuan Wisata yang ditopang dengan delapan misi pembangunan," katanya 


Dimana salah satu misi adalah meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan. Untuk mewujudkan misi tersebut Pemkab Taput telah berupaya melaksanakan berbagai program untuk menjadikan Taput sebagai Lumbung Sumber Daya Manusia yang berkualitas.


"Seperti sekolah gratis mulai dari tingkat SD sampai SMP sederajat, meningkatkan kompetensi guru, memberikan insentif kepada guru yang mengajar di desa terpencil, pembangunan sarana prasarana seperti pembenahan gedung sekolah," katanya.


Selain itu, katanya, Pemkab Taput juga perhatian yang sungguh-sungguh kepada mahasiswa/i yang sedang mengikuti perkuliahan di Perguruan Tinggi Negeri melalui pemberian beasiswa baik dari APBD maupun dari stakeholders untuk meningkatkan semangat belajar para mahasiswa/i. 


"Sebagaimana yang kita ketahui bersama CSR ini merupakan tanggung jawab sosial PT. SOL kepada masyarakat untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas pendidikan dan kehidupan yang bermanfaat bagi perseroan sendiri maupun masyarakat umum," katanya.


Dengan diberikannya bantuan ini, Bupati berharap dapat mengurangi sebagian beban orang tua untuk dapat menyelesaikan pendidikan perkuliahan anaknya sehingga kelak mereka betul- betul menjadi manusia yang cerdas dan berguna di tengah-tengah bangsa dan negara.


"Kepada anak-anak kami saya ucapkan selamat menerima bantuan ini, jadikan ini menjadi instrumen lebih giat, lebih tekun belajar untuk menuntut ilmu. Kepada PT SOL kami mengucapkan banyak terima kasih, harapan kami kedepan SOL semakin meningkatkan peran sertanya untuk mewujudkan visi misi Pemkab Taput bukan hanya dalam bentuk CSR juga dalam bentuk pemberdayaan masyarakat untuk membantu masyarakat ke arah yang lebih baik dalam bidang pendidikan, ekonomi kerakyatan, lingkungan hidup, kesehatan dan lainnya.


Pada kesempatan sebelumnya Pimpinan PT. SOL, Andrea Gunawan Diliharto dalam sambutannya, program Beasiswa ini kami berikan sebagai bentuk komitmen kami kepada masyarakat untuk membantu Pemda Taput dibidang pendidikan yang diharapkan dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat. 


"Kami sangat percaya bahwa pendidikan merupakan pilar penting dalam membangun kehidupan yang lebih baik. Atas program Beasiswa ini perusahaan sangat hati-hati dalam seleksi yang sangat ketat untuk menentukan penerima Beasiswa. Saya berharap adik-adik mahasiswa/i menggunakan beasiswa ini sebaik mungkin agar sukses dimasa depan dan nanti  akan tiba masanya adek-adek yang memberikan beasiswa kepada anak-anak yang lain,” ujarnya. (MC/DN)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini