Bertekad Ciptakan Pasar Bersih, P4B Bagi Sembako dan Gotong Royong di Pasar Kampung Lalang

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : DPD Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) Kota Medan bertekad membersihkan seluruh pasar tradisional di Medan.

Mediaapakabar.com
DPD Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) Kota Medan bertekad membersihkan seluruh pasar tradisional di Medan.

Tekad itu disampaikan Ketua DPD P4B Medan, Siswarno dan Bendahara Umum DPP P4B Mester Harahap saat memimpin gotong royong membersihkan Pasar Kampung Lalang, bagi sembako ke petugas kebersihan dan pembagian masker gratis bersama PUD Pasar Kampung Lalang, Selasa (5/10/2021).

Menurut Siswarno, gotong royong ini merupakan wujud kepedulian P4B terhadap kondisi beberapa pasar tradisional yang terkesan kotor dan kumuh. 


Selain itu, gotong royong ini juga untuk mendukung program PUD Pasar Kota Medan yang ingin menciptakan pasar yang layak sehingga pedagang dan pembeli bisa merasa nyaman saat melakukan transaksi jual beli. Untuk itu, lajut Siswarno, DPD P4B Kota Medan akan melakukan kegiatan gotong royong ini secara kontinu di seluruh pasar tradisinal di Medan.


"DPD P4B Kota Medan akan melakukan kegiatan gotong royong ini secara kontinu di beberapa pasar tradisional di Medan sebagai upaya untuk memberikan kenyamanan masyarakat saat berbelanja. Tekad ini untuk mendukung program Pemko dan PUD Pasar Kota Medan," ujarnya.


Siswarno memuji para pedagang Pasar Kampung Lalang yang tergabung dalam P4B. Pujian itu disampaikannya karena inisiatif dan kerja keras membersihkan pasar terlihat nyata hasilnya. "Setelah gotong royong hasilnya sangat nyata, selain bersih, saluran pembuangan air juga berjalan lancar sehingga genangan-genangan air yang selama ini sangat mengganggu sudah tidak ada lagi," ujarnya.


Sementara itu, Bendahara Umum P4B Mester Harahap menambahkan, selain kegiatan gotong royong, pihaknya juga akan melakukan sosialisasi kepada pedagang agar selalu menjaga kebersihan kios masing-masing.


Selama ini, ujar Mester, kesadaran pedagang terhadap kebersihan masih sangat kurang.


"Sebenarnya yang paling penting adalah menekankan kesadaran para pedagang untuk menjaga kebersihan kios masing-masing. Jika kesadaran ini sudah tumbuh, kami yakin seluruh pasar tradisional di Medan akan lebih bersih, layak dan nyaman untuk dikunjungi," ujarnya.


Ketua Unit P4B Pasar Kampung Lalang, Bimas Tarigan mengucapkan terima kasih kepada pengurus DPD P4B Kota Medan yang telah mewujudkan permohonan mereka untuk dilakukan gotong royong di tempat mereka mencari nafkah.

Kegiatan ini, menurut Bimas, menunjukkan sebagai organisasi pedagang, P4B sangat peduli dengan kondisi pasar tradisional tempat mereka mencari nafkah.


"Kami para pedagang membutuhkan wadah tempat berkumpul seperti P4B ini. Saya akan mengajak rekan-rekan pedagang untuk masuk ke organisasi pedagang P4B, karena telah memberikan hasil nyata di pasar tradisional Kampung Lalang ini," ujarnya.

Kegiatan gotong royong berlangsung lancar. Selain melakukan pembersihan dari sampah, anggota P4B juga membersihkan parit dari sampah yang menumpuk. Tanpa sungkan mereka langsung nyemplung ke parit untuk membersihkan sampah.

DPD P4B Medan juga memberikan masker ke pedagang dan pembeli untuk membantu program pemerintah mengakhiri pandemi covid-19.


Sementara itu Plt DPP P4B, Rahmad Syah Ramadhan Harahap sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurut Rahmad, gotong royong ini merupakan wujud nyata kepedulian pihaknya terhadap kebersihan dan kenyamanan pasar tradisional.

Apalagi, lanjut Rahmad, P4B juga memberikan masker sekaligus melakukan imbauan kepada pedagang dan pembeli untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.


"Kegiatan ini sangat penting sebagai upaya untuk mengembalikan kondisi pasar tradisional seperti semula, sebelum pandemi covid-19 melanda. Intinya, P4B akan terus mendukung upaya Dirut PD Pasar Kota Medan, Suwarno SE dan jajaran direksinya untuk menciptakan pasar yang bersih, aman dan nyaman," tutup Rahmad. (MC/DAF)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini