Ban Tanpa Udara Produksi 2024, Jadi Musuh Tukang Tambal Ban

REDAKSI
Jumat, 08 Oktober 2021 - 19:55
kali dibaca
Ket Foto : Ban tanpa udara besutan Michelin. (Photo by Steve Fecht for General Motors)

Mediaapakabar.com
Ban mobil tanpa udara besutan Michelin akan mulai dijual pada 2024. Ban tanpa udara ini lebih unggul dari ban tubeless biasa dan mengurangi risiko ban kempes di jalan.

Oleh perusahaan, ban ini dinamai Unique Puncture-Proof Tire System (Uptis). Karena teknologinya, bisa dipastikan ban anti-ranjau paku.


"Ini merupakan keputusan besar kami. Ketika orang yang awalnya mengakui agak ragu, namun hasil penemuan kami berbeda dengan ban konvensional," ucap direktur teknis dan ilmu komunikasi Michelin group, Cyrille Roget dilansir dari CNNIndonesia.com, Jumat, 08 Oktober 2021.


Dilansir dari Paultan, ban Uptis merupakan kombinasi dari ban aluminium dengan struktur penahan beban yang terbuat dari plastik yang diperkuat serat kaca (GFRP) serta campuran karet fleksibel. Dengan komposisi tersebut, ban ini disebut tetap sesuai digunakan pada pelek konvensional.


Pengembangan ban anti-ranjau ini disebut akan mengurangi dampak lingkungan. Survei internal Michelin menyatakan 20 persen ban dibuang lebih awal setiap tahun karena kempes atau cepat kehilangan tekanan, serta penggunaan tidak biasa yang menyebabkan kerusakan. Hal ini menyebabkan kehadiran 200 juta sampah ban yang setara dengan 200 kali berat Menara Eiffel.


Ban ini disebut dapat meningkatkan produktivitas penggunanya karena tidak perlu mengecek tekanan ban dan melakukan perbaikan akibat ban bocor atau kempis.


Kemudian inovasi selanjutnya setelah ban tanpa udara ini bisa didesain ulang pada bagian tapaknya, dengan kata lain tapak ban yang sudah aus bisa dibentuk kembali dengan menggunakan teknologi printing tiga dimensi pada karet ban.


Pada bagian tapak juga memungkinkan untuk diubah alur tapak ban agar sesuai dengan penggunaan. Bobot untuk satu ban juga juga diakui sangat ringan, tidak seperti ban konvensional yang beratnya sekitar 20 kg.


Inovasi-inovasi tersebut adalah langkah yang dilakukan Michelin untuk mencapai tujuan perusahaan pada 2050 membuat ban yang sepenuhnya ramah lingkungan baik bahan maupun prosesnya. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini