10 Nelayan Ditangkap APMM, Parlindungan Purba Audiensi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan

REDAKSI
Selasa, 12 Oktober 2021 - 21:31
kali dibaca
Ket Foto : Tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut), Parlindungan Purba melakukan audiensi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta sebagai tindak lanjut adanya pengaduan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Zulfahri Siagian dan anggota DPRD Sumut, Tuahman Purba, Selasa (12/10/2021).

Mediaapakabar.com
Tokoh masyarakat Sumatera Utara (Sumut), Parlindungan Purba melakukan audiensi ke Kementerian Kelautan dan Perikanan di Jakarta sebagai tindak lanjut adanya pengaduan Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), Zulfahri Siagian dan anggota DPRD Sumut, Tuahman Purba, Selasa (12/10/2021).

Parlindungan Purba diterima Koordinator Penanganan Barang Bukti dan Awak Kapal, Direktorat Penanganan Pelanggaran, Ditjen PSDKP KKP, Afrizal didampingi Pratiwi Budiarti dan M Ikhsan.


Parlindungan Purba menanyakan detail permasalahan terkait penangkapan terhadap 10 nelayan Palu Sibaji, Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara.


Ke-10 nelayan yang ditangkap adalah Juma (27), Abdullah Saji (25), Robby H Silalahi (25), Agus Salim (25), Rizky Alamsyah (21), Muhammad A Hatari (19), Muhammad A Topan (19), Aldi (17), Agus T Tanjung (47), Agus Syahputra (22).


Para nelayan tersebut menggunakan 2 kapal, ditangkap Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM), 3 Oktober 2021, dengan dugaan melintas batas perairan negara jiran tersebut.


Afrizal mengatakan, pihaknya akan mengawal perkembangan proses hukum yang berjalan terhadap 10 nelayan Indonesia tersebut.


Afrizal juga mengatakan akan berusaha memulangkan 10 nelayan tersebut ke tanah air dengan cara berkomunikasi ke Agensi Penguatkuasaan Maritim Malaysia (APMM).


“Kedepannya agar dilakukan sosialisasi untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat agar tidak melintas batas negara lain terus kami gencarkan. Pengawasan terhadap aktivitas nelayan Indonesia juga diperketat untuk tidak terjadi lagi pelanggaran yang dilakukan nelayan di wilayah perbatasan,” kata Afrizal.


Dalam waktu dekat ini, Parlindungan Purba, Zulfahri Siagian beserta Tuahman Purba akan mengunjungi keluarga nelayan yang ditangkap tersebut. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini