Wali Kota Medan Tunjuk Kampung Sejahtera Sebagai Lokasi Kawasan Bebas Sampah

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Penyerahan sarana dan prasarana oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, H.Muhammad Husni kepada warga Kampung Sejahtera di lapangan serbaguna, Kampung Sejahtera, di Jalan Haji Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (28/9/2021) Sore. 

Mediaapakabar.com
Walikota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution melalui surat keputusan Walikota Medan nomor 658.5/31.K/VIII/2021 menunjuk Kampung Sejahtera sebagai lokasi percontohan kawasan bebas sampah. 

Hal ini langsung dikuatkan dengan penyerahan sarana dan prasarana oleh Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, H.Muhammad Husni kepada warga Kampung Sejahtera di lapangan serbaguna, Kampung Sejahtera, di Jalan Haji Zainul Arifin, Kelurahan Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Selasa (28/9/2021) Sore. 


Sarana dan prasarana ini nantinya dapat dipergunakan oleh masyarakat Kampung Sejahtera untuk mendukung program Walikota Medan dalam pengelolaan sampah yang dapat menjadi nilai ekonomis bagi warga sekitar.


"Dalam rangka program pak Walikota Medan, dalam penanggulangan sampah di Kota Medan, dan jam tayang pengangkutan sampah dan pencanangan kawasan bebas sampah yang dicanangkan di Kampung Sejahtera, dengan adanya pencanangan ini masyarakat dapat menjadikan kampung bersih, bukan hanya itu saja, tetapi sampah dapat dimanfaatkan oleh masyarakat sehingga dapat mensukseskan program Walikota Medan, dalam pencanangan pengelolaan sampah secara terpadu," harap Muhammad Husni, Kadis kebersihan dan pertamanan Kota Medan. 


Tambahnya lagi, ada tiga lokasi yang ditunjuk dalam pencanangan program sampah ini, diantaranya, yaitu Medan Deli di Kelurahan Tanjung Mulia Lingkungan 4 dan 5. Lalu, Medan Labuhan (Kelurahan Pekan Labuhan, Lingkungan 22 dan 23) serta Medan Petisah (Kelurahan Petisah Tengah, tepatnya Kampung Sejahtera, Lingkungan 1 dan 3).


 Selain itu, kawasan bebas sampah, program tersebut juga dilakukan di sejumlah pasar di Kota Medan. Untuk saat ini, pencanangan difokuskan di tiga pasar yakni Pasar Induk Lau Cih, Pasar Sentosa Baru dan Pasar Bakti.


Camat Medan Petisah, M. Agha Novrian berterimakasih kepada Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni yang telah mempercayai Kampung Sejahtera sebagai daerah percontohan bersih sampah.


"Semoga apa yang diharapkan ini dapat dilaksanakan oleh masyarakat yang dikoordinir oleh Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), dan dari sampah tersebut dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar," ujarnya. 


Sementara itu, Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasid berharap dengan adanya pencanangan kawasan bersih sampah yang diamanahkan oleh Walikota Medan di kampung Sejahtera ini dapat dijalankan oleh masyarakat yang nantinya dapat menjadi nilai tambah bagi perekonomian warga.


"Terimakasih Walikota Medan, Bobby Afif Nasution, yang telah mempercayai Kampung Sejahtera sebagai salah satu kawasan percontohan pencanangan bersih sampah, terlebih lagi dengan adanya sarana dan prasarana seperti becak sampah, tong sampah yang diserahkan oleh Kadis kebersihan dan pertamanan kota medan ini bisa kami manfaatkan, karena kami juga berkomitmen untuk menjaga kebersihan dan menjadikan sampah sebagai nilai tambah bagi warga, dengan mengelola dengan baik " ucapnya.


Untuk mewujudkan hal tersebut, nantinya akan dibangun bank sampah, dan akan ada unit pengelolaan sampah, termasuk juga bentuk-bentuk pengelolaan kawasan yang berkaitan dengan fungsi ekonomi di Kampung Sejahtera. (MC/Red)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini