Rakornis TP PKK Kabupaten Asahan Tahun 2021

REDAKSI
Kamis, 23 September 2021 - 15:27
kali dibaca
Ket Foto : TP PKK Kabupaten Asahan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP. PKK Kabupaten Asahan Tahun 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Kamis  (23/09/2021).

Mediaapakabar.com
TP. PKK Kabupaten Asahan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TP. PKK Kabupaten Asahan Tahun 2021 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Kamis  (23/09/2021).

Pada Rakornis ini tampak hadir Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Asahan, OPD, Camat se-Kabupaten Asahan, Ketua TP PKK Kabupaten Asahan beserta pengurus, Ketua TP. PKK Kecamatan dan tamu undangan lainnya.


Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail, AP. M.Si pada laporannya mengatakan, tujuan dari rakornis ini antara lain meningkatkan kerjasama kepengurusan TP. PKK Kabupaten Asahan, OPD dan TP. PKK Kecamatan.


Selanjutnya, memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan lahir bathin menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju mandiri, kesetaraaan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan. Kemudian untuk meningkatkan pengetahuan dan pemanfaatan sumber daya keluarga dan diservikasi pagan lokal, pemanfaatan sumber daya alam serta mewujudkan rumah sehat layak huni.


Sementara Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan Ny. Hj. Titiek Sugiharti Surya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Asahan yang telah membantu dan mendukung setiap Program TP. PKK Kabupaten Asahan.


"Bantuan dan dukungan yang diberikan Pemerintah Kabupaten Asahan selama ini sangat membantu TP. PKK dalam mensukseskan program kerja TP. PKK Kabupaten Asahan," ucap Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan.


Selanjutnya Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan mengatakan kepada seluruh Kader TP PKK, dalam melaksanakan program kerja TP. PKK, laksanakanlah secara bersama-sama dengan penuh keikhlasan dan rasa tanggungjawab, karena jika kita mengerjakannya secara bersama-sama tidak ada sesuatu pekerjaan yang terasa berat.


Menutup sambutannya Ketua TP PKK Kabupaten Asahan mengatakan, semoga apa yang kita rencanakan dan programkan selama ini dapat berjalan dengan lancar.


Sebelum memberikan bimbingan dan arahannya Sekda Kabupaten Asahan bersama dengan Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan dan Wakil Ketua TP. PKK Kabupaten Asahan menyerahkan KIA secara simbolis kepada Ketua TP. PKK Kecamatan.


Pada bimbingan dan arahannya Sekda Kabupaten Asahan Drs. John Hardi Nasution, M. Si menyampaikan pidato tertulis Bupati Asahan yang mengatakan, Rakornis ini merupakan  forum yang sangat strategis, untuk melaksanakan koordinasi dengan OPD terkait dalam mempersiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan dengan efektif, tempat arah dan tepat sasaran.


PKK diharapkan menciptakan program kerja yang dapat berjalan beriringan dengan kebijakan Pemerintah Daerah. Terlebih dalam situasi pandemi seperti sekarang ini, jadikan rapat koordinasi ini menjadi wadah saling bertukar informasi karena peran PKK ke depan tidak akan lebih ringan dibanding saat ini, di mana persoalan kemasyarakatan cenderung lebih luas dan kompleks, sehingga mampu memberikan kontribusi yang terbaik kepada masyarakat Asahan.


Sekda juga memberikan apresiasi kepada TP. PKK Kabupaten Asahan yang telah banyak membantu Pemerintah di masa pandemi ini, baik melalui kegiatan sosial, peningkatan pengetahuan melalui sosialisasi, edukasi pencegahan perkawinan usia anak serta ke kasus kekerasan, melaksanakan kompetisi yang melahirkan berbagai inovasi, memaksimalkan peran posyandu untuk terus menekan stunting dan upaya penguatan ekonomi keluarga.


"Saya harap TP. PKK Kabupaten Asahan senantiasa konsisten dalam menebarkan manfaat seperti ini bagi seluruh masyarakat Asahan," ucap Sekda.


Menutup bimbingan dan arahannya Sekda mengatakan, niatkan pelaksanaan seluruh kegiatan PKK sebagai ibadah dan demi kebermanfaatan bersama. Saya optimis, dengan langkah beriringan antara Pemerintah, organisasi kemasyarakatan, serta berbagai elemen masyarakat maka visi Kabupaten Asahan masyarakat Asahan sejahtera yang religius dan berkarakter dapat terwujud.


Dikesempatan ini juga para peserta Rakornis diberikan materi oleh narasumber antara lain Kepala Dinas BPBD Kabupaten Asahan Asrul Wahid, SE, M. Si dengan materi  perempuan menjadi guru siaga bencana dan rumah menjadi sekolahnya, Kepala Dinas PMD Kabupaten Asahan M. Azmy Ismail, AP. M.Si dengan materi menggagas kerjasama antara TP. PKK Kabupaten Asahan dengan  Pemerintah Desa dalam Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) dan Heni Telaumbanua dengan materi cara pembuatan eco enzym.(HEN)

Share:
Komentar

Berita Terkini