Perang Dahsyat Pecah, Ratusan Pasukan Taliban Tewas

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ilustrasi pertempuran NRF. (VIVA)

Mediaapakabar.com
Akhirnya perang dahsyat pecah juga antara pasukan Taliban dengan Pasukan Perlawanan Aliansi Utara (NRF).

Menurut informasi, seperti dilanasir dari VIVA Militer, Jumat 3 September 2021, bentrok senjata pecah di beberapa titik menuju Lembah Panjshir, Republik Islam Afghanistan, yaitu di Shotul, Al-Birani, Gulbahar, Jabal-Siraj dan Khaawak.


pertempuran kali ini lebih dari itu, karena pasukan Taliban terlibat saling serang menggunakan kekerasan. Mulai dari artileri darat, tank dan roket-roket.


Walau dalam kondisi terkepung dalam gelap setelah Taliban memutuskan aliran listrik ke Lembah Panjshir. Tapi pasukan NRF memberikan perlawanan sengit.


Sampai saat ini belum diketahui pasti jumlah korban tewas dan luka dalam pertempuran di malam buta itu.


Sejauh ini NRF mengklaim kemenangan besar dalam pertempuran itu, dan menyebutkan berhasil membunuh ratusan pasukan Taliban.


"Malam ini adalah malam yang sangat penting bagi Panjshir dan perlawanan nyata negara, Taliban akan membawa mimpi menangkap dan menduduki Panjshir ke kuburan bersama mereka!!," kata Menteri Pertahanan Afghanistan (Rezim Ashraf Ghani) Jenderal Bismillah Mohammadi.


Taliban pasukan dan kekuatan ke lembah para singa Pansjhir setelah terjadi kegagalan dalam negosiasi yang dilangsungkan beberapa hari lalu. Aliansi Utara menolak ultimatum Taliban dan memutuskan untuk melawan hingga tetes darah terakhir.


Pasukan Perlawanan terbentuk setelah tergabungnya beberapa kelompok. Seperti pasukan militer Afghanistan alias Pasukan Keamanan Nasional Afghanistan (ANDSF) yang menyingkir dari Ibukota Kabul ketika kota bersejarah itu digempur pasukan Taliban.


Lalu dari pasukan detasemen tempur yang dikomandani Yar Muhammad Dostum, putra dari jenderal perang Afghanistan Abdul Rashid Dostum. ( VC/MC )

Share:
Komentar

Berita Terkini