Milad ke-13 Tahun, Fakultas Kedokteran Jadi Pusat Keunggulan

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara ( lFK- UMSU) menggelar resepsi milad ke-13  secara virtual dengan menampilkan testimoni sejumlah tokoh nasional, diantaranya, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Anggota DPR RI, Gubernur Sumatera Utara dan Pangdam serta tokoh agama.

Mediaapakabar.com
Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (FK- UMSU) menggelar resepsi milad ke-13  secara virtual dengan menampilkan testimoni sejumlah tokoh nasional, diantaranya, Ketua Umum PP Muhammadiyah, Anggota DPR RI, Gubernur Sumatera Utara dan Pangdam serta tokoh agama.

Resepsi milad yang disiarkan dari studio mini UMSU di Gedung Pascasarjana, Jalan Denai Medan, Sabtu (11/9/2021) diisi dengan refleksi 13 FK UMSU. 


Dalam refleksi ini ditampilkan sejumlah tokoh yang menyampaikan testimoni dimulai dari Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi, Ketua Umum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir, Pangdam I BB Mayjen TNI Hassanudin, Anggota Komisi IX DPR RI Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin dan KH Amiruddin, MS.


Ketum PP Muhammadiyah Prof. Dr. Haedar Nashir dalan ucapan tahniahnya berharap FK UMSU dapat menjadi pusat keunggulan (center of excellent) yang memberi manfaat kepada umat. Hal yang sama disampaikan Gubsu Edy Rahmayadi.  


Menurut Gubsu, FK UMSU diharapkan menjadi pusat keunggulan pendidikan kedokteran dengan menghasilkan lulusan dokter yang kompeten, Islami dan berkontribusi dalam peningkatan kesehatan masyarakat, khususnya di Sumatera Utara.  


Sedangkan Anggota Komisi IX DPR RI, Prof. Dr. Ir. Djohar Arifin  mengungkapkan , FK UMSU selama 13  kiprahnya  telah melahirkan banyak prestasi nasional dan internasional yang cukup membanggakan. Para lulusan FK UMSU juga telah tersebar ke seluruh pelosok Indonesia.


Refleksi perjalan dan perkembangan FK UMSU  juga menampilkan berbagai catatan dan raihan prestasi nasional dan internasional. Kini FK UMSU menjadi salah satu fakultas kedokteran yang memiliki akreditasi A.


Sementara, Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani MAP  memaparkan, perjalanan dan lika-liku Fakultas Kedokteran yang disebut tidaklah mudah, mulai dari proses perizinan sampai dilakukan hingga empat kali baru izin operasional FK UMSU diperoleh.


 Rektor  juga memaparkan perjalanan FK UMSU yang semula menempati gedung  sederhana  di Jalan Gedung Arca sampai dibangunnya gedung baru berlantai delapan yang akan diresmikan pada Oktober mendatang.


Rektor juga menjelaskan rencana pengembangan program studi baru dan pembukaan program spesialis.


Sebelumnya, Dekan FK UMSU Prof. Dr. Gusbakti Rusip dalam pidato miladnya menyampaikan, FK UMSU didirikan tahun 2008 telah menghasilkan banyak prestasi. Meski masih muda, FK UMSU telah meraih prestasi dengan capaian akreditasi A.


Kata Gusbakti Rusip, selama pandemi, FK UMSU tetap melaksanakan pembelajaran dengan baik melalui teknologi IT ( e-learning),  proses co-ass juga berlangsung dengan baik di rumah sakit pendidikan. 


Direktur RSUD Deli Serdang, Dr. Hanif Fahri mengatakan selama dua tahun kita sudah berjuang bersama dalam melawan pandemi Covid19. Ini adalah bagian dari Fastabiqul Khairat mahasiswa UMSU.  


Semangat Muhammadiyah untuk berfastabiqul khairat sangat saya banggakan. Kepada semua dosen dan mahasiswa FK UMSU untuk terus konsisten dalam berfastabiqul khairat.


RSUD Deli Serdang menjadi rumah sakit pendidikan utama bagi mahasiswa FK UMSU. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini