Lesti Kejora dan Rizky Billar Gelar Tradisi Manjalang Mintuo di Bandung

REDAKSI
Minggu, 05 September 2021 - 17:10
kali dibaca
Ket Foto : Rizky Billar dan Lesti Kejora gelar tradisi Manjalang Mintuo di Bandung, Jawa Barat, pada 5 September 2021. (Instagram rizkybillar/okezone.com)

Mediaapakabar.com
Lesti Kejora dan Rizky Billar kembali menggelar rangkaian acara adat pernikahan mereka, usai akad nikah pada 19 Agustus silam. Pagi tadi (5/9/2021), pasangan ini menggelar upacara adat Manjalang Mintuo di Bandung, Jawa Barat.

Dalam adat Minangkabau, tradisi Manjalang Mintuo merupakan kunjungan menantu ke mertua untuk bersilaturahmi. Upacara ini sekaligus melambangkan keakraban kedua pihak keluarga.


Awalnya, upacara adat tersebut akan digelar di Medan, Sumatera Utara, tempat di mana kedua orangtua Rizky Billar bermukim. Namun karena adanya PPKM, acara pun dipindah ke Padang, Sumatera Barat.


Sayang, acara itu kembali harus dipindah ke Palembang, hingga akhirnya ditetapkan untuk digelar di Hotel Intercontinental Bandung, Jawa Barat, pada 5 September 2021. Upacara itu dibuka dengan Lesti Kejora dan Rizky Billar memasuki venue acara dalam balutan pakaian khas Minangkabau berwarna krem.


Dilansir dari okezone.com, Minggu, 05 September 2021, kehadiran keduanya diikuti rombongan keluarga besar Lesti dan iringan Talempong Paci dan Gadang Tasa. Sesampainya di hadapan kedua mertuanya, Lesti dan suaminya langsung mencium tangan dan berjabat tangan dengan saudara kandung Billar.


Ket Foto : Rizky Billar dan Lesti Kejora gelar upacara Manjalang Mintuo di Bandung, Jawa Barat. (okezone.com)
Prosesi tersebut kemudian dilanjutkan dengan dengan persembahan tarian Pasambahan Sirih. Pada kesempatan itu, Lesti dan Billar beserta keluarga diminta untuk merobek daun sirih yang dibawa oleh para penari.


Hal tersebut bermakna keluarga besar Billar menerima keluarga Lesti sebagai besan dengan hati terbuka. Setelah prosesi tersebut, Lesti dan Billar diizinkan untuk menduduki kursi pelaminan.


Dalam upacara itu, juga digelar prosesi Kasih Sayang Mintuo, di mana ibu kandung Rizky Billar menyerahkan beberapa barang untuk sang menantu. Barang itu di antaranya songket, cincin, dan rendang padang.


Setelah acara Manjalang Mintuo, Lesti Kejora dan Rizky Billar akan menjalani prosesi Ngunduh Mantu dan Menuju Cinta Abadi yang akan digelar pada Minggu (5/9/2021), pukul 20.00 WIB. (OC/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini