Ketua TP-PKK Taput Tinjau Pencanangan Vaksinasi untuk Ibu Hamil dan Korban Kebakaran

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Ketua TP-PKK Tapanuli Utara (Taput) Ibu Satika Simamora didampingi Pimpinan Perangkat Daerah meninjau Pencanangan Vaksinasi untuk Ibu Hamil dan Korban Kebakaran Rumah beserta Kios di Pasar Siborong-borong. 

Mediaapakabar.com
Ketua TP-PKK Tapanuli Utara (Taput) Ibu Satika Simamora didampingi Pimpinan Perangkat Daerah meninjau Pencanangan Vaksinasi untuk Ibu Hamil dan Korban Kebakaran Rumah beserta Kios di Pasar Siborong-borong. 

Pencanangan vaksinasi Covid-19 untuk ibu hamil adalah lanjutan dari pencanangan vaksinasi, 19 ibu hamil Provinsi Sumatera Utara (Sumut) yang sudah dilaksanakan di Rumah Sakit Sumatera Utara (Sumut) pada tanggal 1 September 2021 yang dipimpin oleh Gubsu Edy Rahmayadi. 


Atas dasar itu, Pemkab Tapanuli Utara melalui Dinas Kesehatan Tapanuli Utara melaksanakan pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi Ibu hamil dan berkoordinasi dengan Pogi (Perkumpulan Obstetri Dan Ginekologi Indonesia) dan IBI (Ikatan Bidan Indonesia). 


Dalam sambutannya, Ibu Satika Simamora, MM menyampaikan bahwa kegiatan vaksinasi Covid-19 untuk Ibu hamil bertujuan untuk memberikan kekebalan spesifik terhadap penyakit Covid-19. Sehingga apabila suatu saat Ibu hamil terpapar dengan penyakit Covid-19, maka tidak akan sakit atau hanya mengalami sakit ringan. 


Ibu hamil memiliki sistem Imunitas tubuh yang rendah, sehingga lebih rentan terhadap penyakit atau infeksi, sehingga Ibu hamil perlu mendapatkan vaksin Covid-19 dengan monitoring dan konsultasi ke bidan atau dokter kandungan. 


Pencanangan pemberian vaksin Covid-19 kepada Ibu hamil dapat memberi manfaat yang besar bagi Ibu hamil dan Keluarga, Namun kita tetap harus menerapkan Prokes 5M yakni Memakai Masker, Mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Menjauhi kerumunan dan Membatasi Pergerakan.


"Kita perlu membatasi pergerakan, karena dengan jalan itulah kita dapat memutus rantai penularan," sebut Ibu Satika Simamora.


Selanjutnya dalam laporannya Kadis Kesehatan Alex Gultom menyampaikan, bahwa jumlah Ibu hamil di Kabupaten Tapanuli Utara yang terdata Januari-Juli Tahun 2021 ada 2.478 Ibu hamil.


Namun untuk jumlah Ibu hamil yang usia kehamilan di atas 13 minggu sampai 33 minggu per tanggal 01 September 2021 ada 1.038 Ibu hamil. 


Target pencanangan vaksinasi pada Ibu hamil berjumlah 100 orang yang sudah di data oleh 4 Puskesmas yakni : 

1. Puskesmas Siatas Barita

2. Puskesmas Hutabaginda

3.Puskesmas Situmeang Habinsaran

4. Puskesmas Sitadatada

 

Pencanangan vaksinasi Covid-19 bagi ibu hamil diharapkan agar seluruh Puskesmas yang berada di Tapanuli Utara sudah dapat melaksanakan kegiatan vaksinasi bagi Ibu hamil. 


Meskipun imunisasi ini terus dilakukan, kami tetap berpesan, agar Ibu hamil lebih mengutamakan penerapan protokol kesehatan secara ketat. 


Selanjutnya usai meninjau kegiatan tersebut, Ketua TP. PKK Taput Ibu Satika Simamora, MM menyempatkan diri meninjau korban kebakaran rumah dan kios yang berada di Pasar Siborongborong sekaligus dengan memberikan bantuan santunan bagi keluarga korban kebakaran. 


Kebakaran yang terjadi pada sekitaran siang hari pada tanggal 22 September 2021 setidaknya ada sekitar 5 unit rumah dan 10 unit kios yang habis terbakar. 


Ibu Satika Simamora, MM menyampaikan rasa turut prihatin yang mendalam atas musibah kebakaran yang menimpa. 

Semoga keluarga selalu diberikan kesabaran dan ketabahan.


"Semoga Tuhan memberi berkat yang lebih baik lagi bagi keluarga korban kebakaran. Bapak Bupati Nikson Nababan turut berdoa agar bapak-Ibu tetap dalam lindungan Tuhan dan semoga kejadian seperti ini tidak terjadi lagi," ujarnya.


Ibu Satika Simamora menyampaikan rasa turut prihatin yang mendalam atas musibah kebakaran yang menimpa. Semoga keluarga selalu diberikan kesabaran dan ketabahan.


"Bantuan ini sebagai tanda rasa prihatin dengan harapan para keluarga yang menjadi korban tetap tabah dan mampu bangkit berjuang kembali untuk kehidupan yang lebih sejahtera," ujar Ketua TP. PKK Taput. (MC/DN)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini