Kemenkominfo Adakan Digital Entrepreneurship Academy untuk UMKM

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu,bersama Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Ibrar Samekto.pada acara Digital Entrepreneurship Academy (DEA) bertempat di Hotel Mutiara Sidikalang,Selasa (28/9/2021).

Mediaapakabar.com
Sebanyak 75 orang pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kabupaten Dairi dari berbagai sektor usaha mengikuti pelatihan Digital Entrepreneurship Academy yang digelar di Hotel Mutiara, kota Sidikalang, Selasa (28/09/2021).

Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Dairi dengan Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI.


Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menyampaikan dirinya sangat menyambut baik digelarnya pelatihan digital bagi pelaku usaha kecil dan menengah, guna memajukan para pelaku UMKM khususnya para pelaku UMKM yang ada di Dairi. 


Menurutnya, pelatihan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM, terkait dengan bidang digitalisasi. 


Dengan pemahaman yang baik mengenai pemasaran produk secara digital, tentu akan memberi dampak pada peningkatan perekonomian dan kesejahteraan para pelaku UMKM terlebih di tengah situasi sulit di masa Pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini.


“Saya berharap pelatihan ini, dapat memperkuat dan meningkatkan skill para pelaku usaha, memahami model bisnis yang tepat dijalankan secara digital dan memanfaatkan e-commerce. Digitalisasi ini bisa saja menjadi ancaman bagi orang yang tidak mau berkembang dan maju. Yang menang itu bukanlah yang besar, tapi mereka yang adaptif,” ujar Bupati Eddy Berutu.


Bupati Eddy Berutu menambahkan saat ini Pemerintah Kabupaten Dairi terus melakukan kolaborasi kepada semua pihak baik lembaga pemerintah maupun swasta untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) para pelaku UMKM yang ada di Kabupaten Dairi. 


Hal ini menurutnya sebagai manifestasi dari Visi misi Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Pemerintah Kabupaten Dairi dan Arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Dairi Tahun 2021 yakni Pengembangan SDM yang Unggul dan Berdaya Saing.


“Salah satu komponen visi misi kita adalah pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya manusia, yakni bagaimana alam dapat dikelola hingga menjadi punya nilai ekonomis tapi tidak lupa menjaga kearifan lokalnya. Karena itu kita jangan jadi penonton saja. Kita harus menjadi pionir," tambah Eddy Berutu.


Dirinya juga mengamanatkan kepada para peserta sebagaimana yang dipesankan oleh Presiden Jokowi yang  menyampaikan bahwa strategis besar ekonomi nasional yaitu ekonomi hijau, digitalisasi UMKM dan hilirisasi industri, yang mana Ekonomi Nasional ditopang penuh oleh kuatnya UMKM. 


Sekarang ini tugas kita untuk saling update, apa fasilitas yang disediakan harus kita ambil. Kita ingin peran UMKM dalam digitalisasi juga semakin tangguh. Bisa survive di masa sulit ini (Pandemi Covid-19-red).  


Dan itu menandakan kita tangguh. Ketangguhan itu ingin kita pindahkan pada skala yang lebih besar, yakni ke kuadran berikutnya. Tidak hanya melayani konsumen lokal lagi tapi juga internasional. Dengan digitalisasi itu bisa kita capai. 



"Jadi mari serius mengikuti latihan agar bisa kita aplikasikan ke depannya," ajak Bupati Eddy Berutu.


Pada kesempatan yang sama, Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Ibrar Samekto dalam sambutanya  menyampaikan bahwa Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam tahun ini sedang gencar-gencarnya melakukan pembangunan infrastruktur komunikasi dari Sabang hingga Merauke dimana ditargetkan setiap desa sudah terjangkau oleh jaringan 4G dan di tahun yang sama melakukan peningkatan literasi digital. 


Ditambahkanya, bahwa program pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang digelar saat ini sebagai usaha meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM untuk memanfaatkan teknologi internet dan platform e-commerce dalam memasarkan hasil usahanya secara lebih luas lagi. 


"UKM itu sangatlah kuat. Dari mikro menjadi makro ekonomi. Nah dengan jaringan 4G di pedesaan kita bisa mengembangkan usaha kita, karena kita sudah bisa memasarkan produk kita kepada konsumen  selama 24 jam tanpa harus ditunggui dengan adanya digital marketing," terang Ibrar.


“Pelatihan ini diharapkan dapat membantu pelaku UMKM untuk berkembang dan maju, salah satunya melalui digital marketing. Memudahkan pelaku UMKM yang ada saat ini  bisa go-online” ujarnya. Ke depan kerjasama dengan pemkab Dairi akan terus terjalin sehingga ekosistem pengembangan SDM Dairi tetap jalan sehingga SDM nya pun tidak perlu keluar dari Dairi ini, tapi tetap menetap dan membangun di Dairi", imbuhnya.


Di sela-sela kegiatan itu, Kepala Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Medan, Ibrar Samekto mengajak Bupati Eddy Berutu untuk berkomunikasi secara virtual bersama Mira Tayyiba yang merupakan Sekjen Kementerian Kominfo pada peringatan Hari Bhakti Postel ke-76.


Bupati Eddy Berutu pun menyampaikan rasa terima kasihnya yang mendalam atas dukungan penuh dan perhatian yang diberikan oleh pihak Kementerian Kominfo dalam pengembangan Digitalisasi bagi para pelaku UMKM di Kabupaten Dairi sehingga Kabupaten Dairi menjadi bagian dalam ekonomi Digital Nasional.


Dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan penandatanganan nota kesepakatan antara Pemkab Dairi dengan BBPSDMP Kominfo Medan, tentang Pengembangan Sumber Daya Manusia bidang Komunikasi dan Informatika.


Selain dihadiri langsung oleh Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu, kegiatan itu juga dihadiri oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe dan Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan UMKM Kabupaten Dairi, Oloan Hasugian. (BOB)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini