Hasil Survei Spin: Kepuasan Publik ke Jokowi Tak Sampai 50 Persen

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Presiden RI Joko Widodo saat meninjau pelaksanaan vaksinasi door to door di Jawa Timur, Kamis (19/8/2021). (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)

Mediaapakabar.com
Hasil survei lembaga (Spin) mencatat tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) tidak sampai 50 persen. Itu adalah hasil survei Spin yang digelar 7-21 Agustus 2021.

Direktur Spin Igor Dirgantara menyampaikan hanya ada 3,4 persen responden yang merasa sangat puas dengan kinerja pemerintahan Jokowi. Sebanyak 43,7 persen responden lainnya menyatakan puas.


"Ini positif. Kalau kita total 47,1 persen," kata Igor dalam peluncuran hasil survei secara daring, dilansir dari CNNIndonesia.com, pada Kamis, 09 September 2021.


Igor menjelaskan kepuasan publik terhadap Jokowi masih positif meski tak sampai angka 50 persen. Dia beralasan jumlah responden yang menyatakan ketidakpuasan lebih sedikit, yaitu 12,9 persen.


Dia mengatakan 7,7 persen responden menyatakan biasa saja saat ditanya soal kepuasan terhadap kinerja Jokowi dan kabinet. Adapun 11,3 persen responden lainnya memilih tak menjawab.


Jika dilihat dari segi penilaian publik, tidak sampai separuh responden yang menilai kinerja pemerintahan Jokowi baik. Namun, jumlahnya lebih banyak ketimbang responden yang menilai kinerja pemerintahan Jokowi buruk.


"Kalau kita jumlahkan, yang bilang baik 49,3 persen, berarti kinerja pemerintahan Jokowi dinilai publik ya baik walau yang bilang semakin baik cuma 4,7 persen," ujar Igor.


Survei ini dilakukan Spin dengan melibatkan 1.670 orang responden yang dipilih lewat multistage random sampling. Survei ini memiliki tingkat toleransi kesalahan kurang-lebih 2,4 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

Berita Terkini