Bupati Taput Serahkan Bantuan Benih Jagung dan Alat Mesin Pertanian Kepada Kelompok Tani

REDAKSI
Minggu, 26 September 2021 - 14:11
kali dibaca
Ket Foto : Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si didampingi Kepala Dinas Pertanian Ir. Sey Pasaribu , Ir. Marco Panggabean Sahli Bupati Bid. Ekonomi Pembangunan, Anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah terkait menyerahkan bantuan benih jagung dan alat mesin pertanian di Gedung Sopo Partungkoan Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (25/09/2021).

Mediaapakabar.com
Bupati Tapanuli Utara Drs. Nikson Nababan M.Si didampingi Kepala Dinas Pertanian Ir. Sey Pasaribu , Ir. Marco Panggabean Sahli Bupati Bid. Ekonomi Pembangunan, Anggota DPRD Taput Ombun Simanjuntak dan beberapa Pimpinan Perangkat Daerah terkait menyerahkan bantuan benih jagung dan alat mesin pertanian di Gedung Sopo Partungkoan Kabupaten Tapanuli Utara, Sabtu (25/09/2021).

Kegiatan penyerahan bantuan benih jagung dan alat mesin pertanian oleh Bupati Taput bersumber dari APBN dan APBD Kabupaten Tapanuli Utara TA. 2021, dimana maksud dan tujuan penyerahan Benih Jagung dan Alat Mesin Pertanian ini adalah untuk membantu para petani dan kelompok tani di Kabupaten Tapanuli Utara dalam rangka meningkatkan kualitas dan kuantitas produk petani supaya hasil pertanian lebih meningkat dengan hasil yang memuaskan serta diperuntukkan kepada petani dan kelompok tani yang belum mendapatkan bantuan Benih dan Alsintan.


Dalam kesempatan itu Bupati Taput memberikan paparan kepada para kelompok tani penerima bantuan.


"Sebagaimana kita ketahui bahwa sebagian besar masyarakat kita adalah petani. Petani dalam usahataninya tidak terlepas dari kebutuhan akan Sarana Produksi Pertanian berupa benih unggul maupun alat mesin pertanian," kata Bupati.


Dalam rangka mendukung visi pembangunan Pemerintah Kabupaten Tapanuli Utara, yaitu Tapanuli Utara Sebagai Lumbung  Sumber Daya Manusia yang Berkualitas Serta Daerah Tujuan Wisata terlebih pada masa pandemi Covid-19 saat ini.


"Dimana sektor pertanian merupakan salah satu sektor yang memberikan kontribusi besar. Sehingga sangat diperlukan ketersediaan benih unggul dan alat mesin pertanian, di mana ketersediaan benih unggul khususnya benih jagung dan alat mesin pertanian merupakan program Pemerintah untuk meningkatkan swasembada pangan," sebut Bupati.


Penggunaan benih unggul bersertifikat dan bermutu menjamin keberhasilan usaha tani. Komoditas jagung terus mengalami perluasan pasar dan menjadi komoditas unggulan bagi petani, sehingga diperlukan penggunaan benih jagung hibrida berkualitas dalam mendukung peningkatan produksi hasil komoditi jagung khususnya di Kabupaten Taput. 


"Alat dan mesin pertanian memiliki berbagai peranan dalam usaha pertanian , antara lain meningkatkan kapasitas kerja sehingga luas tanam dan intensitas tanam, ekstensifikasi tanam dapat meningkat dan meningkatkan kualitas sehingga ketepatan dan keseragaman proses  dan hasil dapat diandalkan serta mutu terjamin," kata Bupati Taput.


Penggunaan alat dan mesin pertanian yang tepat dan layak pakai akan meningkatkan daya guna dan hasil produksi, menambah pendapatan petani serta menunjang kelestarian sumberdaya alam dan lingkungan hidup.


"Penerima manfaat adalah kelompok tani atau  kelompok tani yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha. Menggunakan benih jagung dan alat mesin pertanian yang diterima untuk kepentingan kelompok tani, memelihara alat dan mesin pertanian agar beroperasi dengan baik, memanfaatkan bibit tanaman dengan baik. Berkoordinasi dengan aparat desa dan petugas penyuluh pertanian apabila ada masalah di bidang pertanian.

Dan berharap sasaran produksi yang telah ditargetkan dapat tercapai," ujar Bupati mengakhiri.


Dikesempatan sebelumnya Kadis Pertanian, Anggota Dewan dan Poktan penerima bantuan memberikan laporan dan sambutan.


Kadis Pariwisata Ir. SEY Pasaribu, M. Si dalam laporannya mengatakan bahwa meningkatnya kebutuhan sarana pertanian di masa pandemi adalah tantangan yang besar. Namun Bupati telah melakukan berbagai upaya salah satunya memberikan usulan kepada Menteri Pertanian. 


Kesempatan hari, katanya, inilah realisasinya. Kelompok tani akan mendapat Benih Jagung, Nk 212 sebanyak 30 ton dan P32 sebanyak 1,4 ton,  dengan 198 poktan yang berasal dari kecamatan Sipahutar, Pangaribuan, Siborongborong Siatas Barita, Pagaran, Sipoholon, Parmonangan, Tarutung dan Muara dan Jenis alsintan yang diserahkan yaitu 1 unit Traktor Roda 4, 3 Unit Pemipil jagung berjalan, 21 unit Hand Traktor Roda 2 dan 10 unit Pompa air.


"Kiranya apa yang telah diperjuangkan oleh Bupati bisa menjadi berkat bagi masyarakat Tapanuli Utara," ujar Kadis Pertanian.  


Di kesempatan itu anggota DPRD Taput dari Fraksi PDIP, Ombun Simanjuntak turut memberikan sambutan. "Terima kasih kepada Bupati atas bantuannya di masa pandemi ini kepada masyarakat kita. Kami juga berharap pada Bapak Kadis Pertanian lebih banyak lagi memberi perhatian kepada kelompok tani seluruhnya. Kami wakil masyarakat mengharapkan penyetaraan dan kepada penerima bantuan diharapkan menggunakan bantuan sebaik mungkin hingga dapat meningkatkan produksi pangan," ujarnya. 


Warga juga mengakui atas perhatian yang nyata dan luar biasa dari Bapak Bupati untuk mendukung program peningkatan produksi pertanian.


"Terima kasih banyak Pak Bupati atas bantuannya. Kami akan memberikan yang terbaik untuk Kabupaten Tapanuli Utara," ujar salah satu warga kelompok tani. (MC/DN)

Share:
Komentar

Berita Terkini