Beri Dampak Positif Untuk Pegiat UMKM, Bobby Nasution Wajibkan ASN Berbaju Adat Setiap Hari Jumat

Media Apakabar.com
Sabtu, 11 September 2021 - 20:11
kali dibaca
Ket Foto: Upaya untuk mendorong ASN dan P3K belanja pakaian daerah, Bobby Nasution  bersama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu M Bobby Nasution  sengaja mengunjungi  salah satu pengerajin pakaian adat  yakni Rumah Uis Jalan Jamin Ginting Medan, Jumat (10/9). 

Mediaapakabar.com
Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN), termasuk Pegawai pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K)  di lingkungan Pemko Medan  diwajibkan memakai  pakaian daerah setiap Jumat menyusul terbitnya Surat Keputusan Wali Kota Medan No.025/02.K/VIII/2021 tanggal 3 Agustus 2021, tentang Pakaian Dinas dan Atribut Pakaian Dinas Khas Daerah di Lingkungan Pemko Medan. Pemakaian pakaian adat itu sudah dimulai sejak Jumat (3/9), selain membangkitkan  dan melestarikan kembali kebudayaan yang ada, kebijakan tersebut dilakukan Wali Kota Medan Bobby Nasution sebagai upaya untuk mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, terutama  bagi pelaku UMKM yang memproduksi pakaian maupun aksesoris pakaian daerah.

Dalam Surat Keputusan Wali kota trsebut disebutkan, pakaian dinas harian khas daerah itu terdiri dari 8 etnis yang ada di Kota Medan yakni Melayu , Karo , Tapanuli Selatan, Batak Toba, Simalungun, Dairi/Pakpak dan  Nias. Kemudian ditambah dengan 3 etnis pendatang lainnya yakni Jawa, Padang/Minangkabau  serta Aceh. Melalui pemakaian pakat adat ini, Bobby Nasution ingin menyampaikan bahwa Kota Medan memiliki berbagai keberagamanan yang sangat luar biasa sehingga sering dijuluki sebagai miniaturnya Indonesia.

"Kita minta seluruh ASN dan P3K di lingkungan Pemko Medan agar memakai  pakaian adat, diupayakan sesuai dengan etnisnya masing-masing.  Khusus untuk pejabat eselon II, kita minta tidak hanya mengenakan pakaian adat etnisnya saja tetapi seluruh etnis yang ada di Kota Medan secara bergantian. Melalui pemakaian pakaian adat ini, kita ingin menyampaikan semua etnis, kebudayaan dan keberagaman yang ada merupakan jati diri dan kekuatan yang dimiliki Kota Medan,” kata Bobby nasution beberapa hari lalu.

Selain melambangkan berbagai keberagaman yang ada di Kota Medan, orang nomor satu di Pemko Medan itu  berharap pemakaian pakaian adat dapat membangkitkan kembali budaya/tradisi  yang diikuti pemberdayaan ekonomi masyarakat, terkhusus para penggiat UMKM  yang memproduksi pakaian dan aksesoris  pakaian daerah. Bobby ingin kebijakan yang dilakukannya itu berefek dengan meningkatnya belanja ASN  untuk membeli pakaian daerah.

Upaya untuk mendorong ASN dan P3K belanja pakaian daerah, Bobby Nasution  bersama Ketua TP PKK Kota Medan Kahiyang Ayu M Bobby Nasution  sengaja mengunjungi  salah satu pengerajin pakaian adat  yakni Rumah Uis Jalan Jamin Ginting Medan, Jumat (10/9). Di tempat itu,  khusus menjual  pakaian adat dan aksesoris etnis Karo.  Setelah melihat-lihat, Bobby membeli  bekabulu (kain khas Karo) dan kemeja yang bahannya merupakan kain khas Karo. Sedangkan Kahiyang membeli kain sarung dan selendang khas Karo.

Dikatakan Bobby, Rumah Uis ini fokus memproduksi berbagai fashion  yang bahannya merupakan uis (kain) dan motif khas Karo. Jika di suku Batak, jelasnya, uis itu adalah ulos. “Pakaian yang dijual bukan hanya untuk upacara adat saja, tapi juga untuk fashion. Tentunya ini semua harus kita support,  bagi masyarakat Kota Medan yang ingin membeli pakaian adat, khususnya etnis Karo dapat datang kesini. Meskipun Pemko Medan saat ini fokus kepada para pelaku UMKM yang bergerak di bidang makan minum, namun kedepannya akan kita pikirkan pegiat UMKM yang selama ini tetap melestarikan dan menjaga kebudayaan atau etnis di Kota Medan,” ungkapnya.

Menantu Presiden Joko Widodo itu pun berharap agar Rumah Uis, termasuk tempat-tempat yang memproduksi  fashion dan aksesoris  daerah di Kota Medan  dapat maju dan berkembang meskipun di tengah pandemi Covid-19.  Untuk mendukung  hal itu, Bobby mengajak seluruh ASN yang ada di Kota Medan agar jangan menyewa pakaian adat saja,  tapi harus membelinya. “Hal ini kita lakukan untuk membantu para pelaku UMKM tersebut, kuncinya harus tetap semangat,” pesannya.

Kebijakan Bobby Nasution untuk membangkitkan kembali keberagaman dan budaya di Kota Medan, sekaligus  mendorong peningkatan ekonomi masyarakat, terutama pelaku UMKM langsung mendapat dukungan dari salah seorang akademisi Administrasi Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU) Nicholas Marpaung SAB MSi. Nicholas menilai, program Bobby Nasution yang mewajibkan seluruh ASN di lingkungan Pemko Medan untuk mengenakan pakaian adat setiap Jumat ini sangat bagus karena Kota Medan terkenal akan kekayaan multietnis sehingga  banyak yang harus ditonjolkan.

“Kalau di daerah Jawa sana, mungkin hanya simbol budayanya yang bisa di tunjukkan. Berbeda dengan Kota Medan yang memiliki banyak keberagaman dari berbagai latar belakang budaya. Tentunya ini yang seharusnya dari dulu kita lakukan, tapi kalau sekarang baru diberlakukan saya apresiasi. Hal ini tidak merugikan dan dapat menjadi citra positif yang dapat ditonjolkan keluar,” kata Nicholas.

Kemudian Nicholas menambahkan, kebijakan yang dilakukan Bobby Nasution ini tentunya membawa dampak positif bagi pelaku UMKM, seperti meningkatnya permintaan akan pakaian adat beserta akseseorisnya. Tentunya hal itu, kata Nicholas, sangat positif karena rata-rata yang memproduksi pakaian adat ini adalah pelaku UMKM, tidak ada perusahaan besar yang memproduksinya. Nicholas yakin jika diberlakukan secara konsisten, pertumbuhan ekonomi di sektor pakaian tradisional di Kota Medan akan tumbuh dan berkembang.

“Saya harap pemberlakukan atau kebijakan pakaian adat bagi ASN di lingkungan Pemko Medan berlaku konsisten. Siapa pun pemimpin kedepannya, saya harap kebijakan ini dapat dipertahankan. Selain bagus untuk pelestarian budaya, para penggiat UMKM juga sangat terbantu karena mendapat pasar baru. Di samping itu kebijakan ini juga dinilainya sangat bagus guna meningkatkan kepercayaan diri para ASN, sebab mereka bekerja dengan tampilan baru sehingga merasa  lebih percaya diri dalam memberikan pelayanan,” pungkasnya.

Sementara itu di tempat terpisah,  Averia Barus, salah seorang pelaku UMKM yang memproduksi pakaian adat Karo sekaligus pemilik Rumas Uis, sangat mengapresiasi kebijakan yang dilakukan Bobby Nasution. Averia menilai, kebijakan itu  merupakan angin segar bagi para pelaku UMKM, khususnya yang bergerak di bidang produksi pakaian adat. Dengan kebijakan tersebut, ungkapnya, awalnya mungkin tidak terpikir untuk membeli tapi kini harus membelinya. Averia pun berharap agar kebijakan yang dilakukan Bobby Nasution dapat memberikan efek positif, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang belum diketahui kapan berakhirnya.

“Saat mendengar kabar seperti itu, kami siap-siap untuk memproduksi pakaian adat. Jika tidak ada kebijakan Bapak Wali Kota tersebut, kami tidak akan produksi. Sejak 3 bulan kemarin, kami merasa terpuruk dan tidak berani memproduksi karena khawatir tidak ada yang membeli. Tetapi dengan adanya kebijakan seperti ini, kami berani produksi lagi, tinggal bagaimana kami mempromosikannya saja. Di tempat kami ini untuk yang readi  pakaian adat Karo. Tetapi jika ada yang ingin order, kita bisa kerjakan semua. Kalau yang mau pakai adat Simalungun bisa juga, karena kami juga bekerja sama dengan para pengrajin lainnya,” ungkap Averiana gembira. (MC/Arf)


Share:
Komentar

Berita Terkini