9 Nakes di Kiworok Dievakuasi ke Jayapura Usai Diserang KKB

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : TNI mengevakuasi 9 tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang usai penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). (Indrayadi TH/Indrayadi TH)

Mediaapakabar.comKomando Operasi Gabungan (Koopsgab) TNI Papua mengevakuasi tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang usai penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen Bambang Trisnoha mengatakan para nakes dievakuasi ke Kota Jayapura. Para nakes akan mendapatkan perawatan lebih lanjut di ibu kota provinsi.


"Pada sore pertama ini, kita berhasil mengevakuasi 10 orang, terdiri dari 1 prajurit TNI yang mengalami luka tembak dan 9 tenaga kesehatan, yaitu 1 dokter, 3 perawat wanita, dan 5 mantri," kata Bambang dalam keterangan tertulis, dilansir dari CNNIndonesia.com, Jumat (17/9/2021).


Bambang menyampaikan nakes yang meninggal dunia dalam serangan KKB, Gabriella Meilani, belum dievakuasi. Ia menyebut jurang terjal dan cuaca buruk menghalangi evakuasi jenazah Gabriella.


Saat ini, jenazah Gabriella masih ada di Distrik Kiwirok. Bambang berjanji TNI akan segera mengevakuasi jenazah korban.


Lebih lanjut, Bambang mengatakan Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen Ignatius Yogo Triyono M.A memerintahkan prajuritnya untuk mengejar KKB. Menurut Bambang, pelaku penyerangan harus ditangkap dalam keadaan apapun.


"Memberikan perintah agar personel TNI yang berada di Distrik Kiwirok Kompleks untuk melaksanakan pengejaran dan penangkapan baik hidup ataupun mati terhadap para pelaku," ujarnya.


Terpisah, Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal mengatakan pasukan gabungan TNI-Polri terus mengejar KKB. Ia menyebut sempat terjadi kontak tembak yang menewaskan satu orang anggota KKB.


"Hingga saat ini, di Distrik Kiwirok situasi masih dalam keadaan kondusif," tutur Ahmad lewat keterangan tertulis, Jumat (17/9/2021).


Sebelumnya, dua nakes di Papua dikabarkan hilang dalam penyerangan KKB di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua, Senin (13/9). Setelah melakukan pencarian, aparat menemukan dua orang nakes itu di jurang.


Satu orang nakes Gabriella Meilan ditemukan tewas. Adapun satu orang lainnya, Kristina Sampe, masih dalam keadaan hidup. IDI mengecam kekerasan KKB terhadap tenaga kesehatan yang bertugas di Papua. (CNNI/MC)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini