Resahkan Warga Karena Bau Menyengat, Pemko Medan Segel PT API di Mabar

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca
Ket Foto : Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, langsung untuk menyegel pabrik pengolahan bulu menjadi bahan pakan ternak itu, warga sekitar resah dengan aroma bau busuk yang berasal dari pabrik.

Mediaapakabar.com
Pemerintah Kota Medan melakukan penyegelan terhadap PT Anugerah Prima Indonesia (API), yang berada di Kawasan Industri Medan (KIM) I, Kelurahan Mabar, Kecamatan Medan Deli, Kota Medan.

Wakil Wali Kota Medan H. Aulia Rachman, bersama Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan, turun langsung untuk menyegel pengolahan bulu ayam menjadi bahan pakan pabrik itu, karena warga sekitar resah dengan aroma bau busuk yang berasal dari pabrik.


"Sesuai dengan instruksi pak Wali Kota, hari ini PT API kita segel. Berdasarkan hasil kajian, pabrik ini sudah menyalahi aturan dan harus ditutup karena resah akibat bau yang ditimbulkan," kata Wakil Wali Kota, Jumat (13/8/2021 )


Aulia menegaskan, bahwa pihak Pemko Medan melalui dinas terkait juga sudah mencoba PT API agar memperhatikan dan mengkaji dampak polusi udara dan bau busuk yang dihasilkan oleh pabrik tersebut.


"Sudah berulang kali kita peringatkan, namun pihak manajemen pabrik tetap saja tidak melarang orang untuk berusaha, tapi memperhatikan lingkungan sekitar. Baunya luar biasa, pakai masker juga tembus ini," kata Aulia.


"Jadi kalau perusahaan mau buka, harus ada penelitian kajian hasil dan analisis dari konsultan. Kalau melanggar aturan izinnya kita cabut," tegasnya


Ketegasan Pemko Medan itu mendapat sambutan hangat dari warga sekitar.


Rubiah warga kelurahan Mabar mengaku sangat berterima kasih kepada Pemko Medan, yang sudah turun langsung ke lokasi pabrik milik PT API.


"Kami sangat berterima kasih kepada Pemko Medan dimana pak Wawa turun langsung bersama Dinas Lingkungan Hidup untuk menyegel pabrik Ini.


"Keluhan kami warga di sini akhirnya terjawab. Terus terang kami gak tahan. Baunya sangat menyengat, sesak dada ini," ucap Rubiah. (MC/Arf)

Share:
Komentar

APAKABAR TV

Berita Terkini