Presma ITB Ahmad Dahlan Jakarta: Adat Baduy adalah Salah Satu Kekayaan Indonesia dalam Keberagamannya

REDAKSI
Sabtu, 21 Agustus 2021 - 20:46
kali dibaca
Ket Foto : Faisal Abdul Rachman, Presiden Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta.

Mediaapakabar.com
Presiden Jokowi selalu menyajikan ciri khasnya sebagai bangsa Indonesia yang kaya dan beragam akan budaya di bicara kenegaraan sidang tahunan MPR.

Indonesia kaya akan keragaman budaya di setiap daerahnya mulai dari pakaian adat, bahasa, alat musik, tarian, dan lain sebagainya. Seiring perkembangan zaman sedikit orang yang melek kebudayaan tersebut padahal budaya Indonesia merupakan warisan dari para leluhur bangsa untuk dilestarikan dan dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia itu sendiri.


Tahun 2020 lalu Presiden Jokowi mendapat kesempatan untuk memakai baju adat sabu dari NTT di bicara kenegaraannya, dan tahun ini Presiden Jokowi menceritakan kebudayaan Indonesia yang berasal dari daerah provinsi Banten, yaitu pakaian adat Baduy Banten di bicara kenegaraan sidang tahunan MPR RI.


Faisal Abdul Rachman, Presiden Mahasiswa ITB Ahmad Dahlan Jakarta menilai Presiden Jokowi telah menunjukan jiwa dan kepribadian sebagai bangsa Indonesia yang kaya dan beragam budaya. Jadi, beliau sangat menghargai dan berterima kasih atas apa yang ditunjukan Presiden Jokowi dalam bicara kenegaraan tersebut.


Saya sangat mengapresiasi apa yang telah ditunjukan oleh Presiden Jokowi dalam berbicara kenegaraan di sidang MPR tersebut, atas apa yang telah ditunjukkan oleh Presiden Jokowi menunjukkan bahwa ia telah menjaga nilai-nilai budaya dan budaya Indonesia," ujar Faisal. Sabtu, 21 Agustus 2021.


Selain itu, Faisal juga mengatakan bahwasanya Presiden Jokowi telah memberikan kepada publik tentang kepeduliannya terhadap budaya yang semakin meningkat di tengah perkembangan zaman. Selain itu, ini juga memacu semangat menjunjung tinggi budaya dan meningkatkan karakter budaya dalam berbangsa dan bernegara.


"Sebagai seorang Presiden, sudah sepatutnya menunjukan nilai-nilai kebudayaan di masyarakat, karena pemimpin itu merupakan role model bagi para masyarakat demi menumbuhkan rasa kepedulian dan menjunjung tinggi akan kebudayaan," ujar Faisal.


Tindak lanjut dari pemakaian baju adat Baduy Banten tersebut Presma ITB Ahmad Dahlan Jakarta menilai itu sebagai bentuk apresiasi dari presiden Jokowi terhadap Banten yang telah cepat tanggap dalam menangani acara vaksinasi covid 19 ini. Yang mana kini Provinsi Banten sudah mencapai cakupan diatas 80% yang sudah mengikuti program vaksinasi.


"Ada maksud lain selain menjunjung tinggi nilai kebudayaan tersebut, yaitu sebagai apresiasi Presiden Jokowi sebagai pemimpin negara dalam penanganan covid 19 dan ikut serta mensukseskan program vaksinasi pemerintah demi hidup sehat dan Indonesia Maju, Sehat, Bersih, Aman dan Damai," Ujar Faisal


Keberagaman budaya ini disatukan oleh pemersatu yang menjadi semboyan negara, yaitu "Bhineka Tunggal Ika." Tentunya semangat yang dibawa oleh Presiden Jokowi ini dengan memakai pakaian adat Baduy Banten merupakan semangat kebhinekaan yang menjadi semangat pemersatu bangsa bagi seluruh masyarakat Indonesia. (MC/Red)

Share:
Komentar

Berita Terkini