'Pasukan Elite' Taliban Badri 313, Diklaim Setara Tentara AS

Aris Rinaldi Nasution
Kali Dibaca

Ket Foto : Ilustrasi milisi Taliban. (AP/Rahmat Gul)



Mediaapakabar.com
-Media sosial sempat diramaikan dengan klaim Taliban yang memiliki pasukan khusus di Afghanistan. Adalah Badri 313, yang dipamerkan Taliban melalui media sosial sebagai pasukan khusus mereka. 'Pasukan elite' Badri 313 ini pun diklaim setara tentara Amerika Serikat.

Melansir dari AFP, para pasukan khusus tersebut mengenakan perlengkapan yang mirip-mirip dengan pasukan Amerika Serikat. Tentu saja hanya corak loreng-loreng yang membedakan antara tentara itu dengan pasukan AS.


Para pasukan ini tak lagi menenteng senapan peninggalan Uni Soviet AK-47. Pasukan Taliban Badri 313 kini menikmati khusus buatan AS M4. 


Beberapa di antara mereka juga mengenakan perlengkapan buatan AS seperti alat bantu penglihatan saat gelap goggle, teropong senapan yang cukup canggih, helm tempur, dan rompi anti-peluru.


Tampilan itu jauh berbeda dibandingkan para milisi reguler Taliban yang biasa menggunakan sorban di kepala dan pakaian tradisional pria di pegunungan Afghanistan.


Pamer pasukan Badri 313 di media sosial itu pun disebut-sebut sebagai bagian dari propaganda Taliban.


Pengamat militer AS Matt Henman menilai, Taliban yang menguasai Afghanistan itu ingin memberikan kesan bahwa mereka telah dilengkapi peralatan dan teknologi yang sangat canggih.


"Badri 313 seperti ingin merepresentasikan pasukan dengan pelatihan dan perlengkapan terbaik di Taliban. Meski demikian seperti yang bisa kita duga bahwa ada sesuatu yang dibuat sensasional dalam propaganda." ujar Henman kepada AFP.


Salah seorang pengamat dengan nama samaran Calibre Oscure menilai kemampuan pasukan khusus Taliban ini tetap tak bisa dibandingkan pasukan elit dari negara-negara barat, bahkan India dan Pakistan. Meski demikian, mereka diperkirakan memiliki kemampuan tempur yang lebih efektif dibandingkan pasukan Taliban reguler. 


"Mereka juga lebih dari standar pasukan nasional Afghanistan," ujarnya.


Badri juga disebut-sebut mendapatkan pelatihan dari jaringan Haqqani, penyokong utama Taliban yang paling brutal dan ditakuti. Berada di Afghanistan sebelah timur, para anggota jaringan Haqqani mulai sering muncul belakangan ini.


Badri 313 dinamakan dari peristiwa perang besar 1.400-an tahun lalu. Perang antara kaum muslim pengikut nabi Muhammad dengan kaum non-muslim Quraisy itu dinamakan Perang Badar. (AFP/CNNI)

Share:
Komentar

Berita Terkini