Mesir Tutup Perbatasan Gaza Setelah Israel-Palestina Memanas

REDAKSI
Senin, 23 Agustus 2021 - 10:15
kali dibaca

Ket Foto : Demonstran di Jalur Gaza. (AP/Adel Hana)


Mediaapakabar.comMesir mengatakan menutup perbatasan dengan jalur Gaza di Rafah mulai Senin (23/8/2021). Penutupan ini dikatakan sudah diinformasikan dengan pihak Gaza.

"Kami telah diinformasikan oleh otoritas Mesir bahwa perbatasan Rafah akan ditutup besok, di kedua arah," kata juru bicara dari kementerian dalam negeri Gaza, Iyad al-Bozom, dilansir dari AFP dari halaman CNNIndonesia.com, pada Senin, 23 Agustus 2021.


Sumber di Mesir juga mengkonfirmasi keputusan selanjutnya dan mengatakan penutupan sampai pemberitahuan. Tidak ada detail mengenai alasan penutupan.


Rafah adalah satu-satunya titik perbatasan yang tidak dikontrol Israel. Mesir telah membuka Rafah pada Mei yang digunakan untuk jalur perjalanan warga Gaza yang terluka ke rumah sakit di Mesir.


Pembukaan itu dilakukan setelah 11 hari baku tembak antara roket Hamas dan serangan udara Israel.


Keputusan Mesir menutup Rafah terjadi setelah terjadi kekerasan antara Israel dan Palestina di perbatasan timur Gaza.


Pada Sabtu (21/8/2021) pesawat tempur Israel menyerang Gaza. Hal ini terjadi setelah militan Palestina menembaki tentara Israel dari balik perbatasan.


Aksi militan itu disulut serangan Israel pada demonstran Palestina yang mendukung pembakaran Masjid Al-Aqsa pada 52 tahun yang lalu. ( AFP/CNNI )

Share:
Komentar

Berita Terkini