Kemendikbud: Siswa di Bawah 12 Tahun Boleh Sekolah Tatap Muka

REDAKSI
Kamis, 12 Agustus 2021 - 10:16
kali dibaca
Dirjen PAUD Dikdasmen mengungkapkan pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) dilakukan tanpa batas usia, meski vaksinasi anak baru untuk umur 12-17 tahun (ANTARA FOTO/RAHMAD)

Mediaapakabar.com
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) memastikan siswa dengan usia di bawah 12 tahun bisa melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah.

Pemerintah memutuskan PTM boleh dilaksanakan di daerah yang menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Tingkat 1-3 dengan protokol kesehatan.


"[Kebijakan PTM] Tanpa batas usia," kata Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbudristek Jumeri dilansir dari CNNIndonesia.com, Kamis, 12 Agustus 2021.


Kebijakan pembukaan sekolah sendiri memutuskan setelah Kemendikbudristek mengusulkan pelonggaran PTM selama masa pandemi. 


di belakang, awal awal pembukaan seluruh sekolah di Juli 2021. Namun rencana ini diurungkan karena pasca covid-19 libur Idul Fitri.


"Siswa, orang tua, guru sudah mendesak untuk bisa PTM," tutur Jumeri.


Sebelumnya, Plt Kepala Biro Kerjasama dan Humas Kemendikbudristek Hendarman mengatakan aturan pelaksanaan PTM di sekolah bakal mengacu pada SKB 4 Menteri tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19.


Dalam aturan tersebut disampaikan bahwa sekolah wajib membuka opsi PTM dan pembelajaran jarak jauh (PJJ) setelah guru dan tenaga kependidikannya mendapat vaksinasi covid-19.


Sementara siswa dapat mengikuti PTM atas seizin orang tua. Jika orang tua tidak memperkenankan, maka siswa masih bisa melaksanakan PJJ secara daring ataupun luring.


Pelonggaran aturan PPKM sendiri bukan hanya berlaku di sektor pendidikan, namun juga kegiatan masyarakat lainnya seperti pusat perbelanjaan hingga ibadah.


Namun di wilayah seperti di DKI Jakarta, vaksinasi covid-19 menjadi syarat bagi warga untuk mengikuti kegiatan. Anak dengan usia di bawah 12 tahun pun diimbau tidak berkunjung ke pusat perencanaan atau melakukan perjalanan jauh untuk sementara waktu.


sejauh ini belum ada vaksinasi Covid-19 yang dapat digunakan untuk usia di bawah 12 tahun. Sementara itu vaksinasi anak usia 12 sampai 17 tahun sudah berjalan di nomor daerah. ( CNN/MC )

Share:
Komentar

Berita Terkini